IMG-LOGO
Nasional
MADRASAH AMIL LAZISNU

Usai Madrasah Amil, LAZISNU Muaro Jambi Siap Bangun Manajemen ZIS Profesional


Kamis 17 Oktober 2019 11:15 WIB
Bagikan:
Usai Madrasah Amil, LAZISNU Muaro Jambi Siap Bangun Manajemen ZIS Profesional
Madrasah Amil NU Care-LAZISNU di Muara Jambi, Rabu (16/10) (Foto: NU Online/Wahyu Noerhadi)
Muaro Jambi, NU Online
Pengurus Cabang (PC) NU Care-LAZISNU Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, mendapatkan Surat Keputusan (SK) dan Izin Operasional dari Pengurus Pusat (PP) NU Care-LAZISNU belum lama, Januari 2019.
 
Akan tetapi, kegiatan filantropi seperti santunan bagi anak yatim, sebetulnya sudah berjalan dari dua tahun yang lalu di Kecamatan Sungai Gelam dan Sungai Bahar di Kabupaten Muaro Jambi.
 
Ketua PC NU Care-LAZISNU Muaro Jambi, M Syarif Hidayat menyampaikan hal itu pada kegiatan Madrasah Amil yang digelar di Pondok Pesantren Nurul Iman, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, Rabu (16/10) sore.
 
"Kegiatan sosial seperti santunan anak yatim sudah dari dua tahun yang lalu. Dan pengeluaran dana untuk satu kegiatan santunan itu bisa sampai 85 juta rupiah," ungkap Syarif.
 
Setelah mendapatkan SK, lanjut Syarif, tiap Ranting NU saat ini memiliki saldo dari dana ZIS sampai Rp30 juta. "Ranting NU saat ini punya saldo 30 juta, 25 juta, 15 juta. Mulai per Januari," katanya.

Dirinya berharap, lewat Madrasah Amil, NU Care-LAZISNU Muaro Jambi dapat mengembangkan sebuah sistem manajemen yang kuat dan profesional.
 
"Bagaimanapun kami masih banyak kekurangan dan modalnya masih hanya semangat. Namun, secara pengetahuan manajemen ZIS (Zakat, Infak dan Sedekah) masih kurang. Harapannya hal itu bisa tercapai lewat Madrasah Amil ini," harapnya.

Senada, Kepala Sekolah Madrasah Amil, Nur Hasan, mengatakan bahwa kegiatan Madrasah Amil digelar sebagai upaya menguatkan sistem manajemen ZIS yang Modern, Akuntabel, Transparan, Amanah dan Profesional.
 
"Sesuai dengan prinsip atau tagline NU Care-LAZISNU, sebagai lembaga amil zakat yang MANTAP, yaitu Modern, Akuntabel, Transparan, Amanah dan Profesional," ucap Hasan, yang juga Manajer SDM PP NU Care-LAZISNU itu.
 
Hasan menambahkan, PP NU Care-LAZISNU selama dua pekan ini menghadiri kegiatan Madrasah Amil yang digelar di berbagai kabupaten/kota.
"Insyaallah, selama dua minggu, yang dimulai di awal bulan (Oktober) ini, NU Care-LAZISNU Pusat turun ke enam titik, yaitu Banyumas, Jepara, Bali, Jambi, Tangerang Selatan, NTB, dalam rangka kegiatan Madrasah Amil, yang mana kegiatan ini didukung oleh salah satu mitra kita, yaitu Alfamidi," imbuhnya.
 
Sementara Ketua PCNU Muaro Jambi, Muhammad Syarif Hidayatullah, berharap bahwa kegiatan Madrasah Amil yang digelar dapat dijadikan ruang untuk menyamakan persepsi dari tingkat PC sampai Ranting NU, demi tujuan organisasi secara menyeluruh.
 
"Semoga lewat Madrasah Amil ini dapat memahamkan persepsi yang sama, tujuan yang sama, pandangan yang sama untuk tujuan atau program organisasi, dari tingkat PC, MWC dan Ranting NU," ujarnya.
 
Adapun Madrasah Amil NU Care-LAZISNU Muaro Jambi dihadiri 80 peserta dari tingkat PC sampai Ranting NU. Hadir juga PC lain seperti Kabupaten Muaro Bungo. Pada pembukaan, hadir perwakilan PWNU Jambi dan Katib Syuriyah PCNU Muaro Jambi Ahmad Abdullah Mathoriq dan Zamroni Zakaria selaku Sekretaris.
 
Kontributor: Wahyu Noerhadi
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG