IMG-LOGO
Daerah

Cari Pesilat Berprestasi, Pagar Nusa Bondowoso Gelar Kejuaraan Daerah


Ahad 20 Oktober 2019 19:30 WIB
Bagikan:
Cari Pesilat Berprestasi, Pagar Nusa Bondowoso Gelar Kejuaraan Daerah
Ketua Pagar Nusa (baju putih) bersama ketua panitia kejuaraan daerah. (Foto: NU Online/Ade Nurwahyudi)
Bondowoso, NU Online
Dalam  rangka menyambut Hari Santri 2019, Pengurus Cabang (PC) Pagar Nusa Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur menggelar kejuaraan cabang. Kegiatan ini untuk kalangan internal di Pagar Nusa setempat.
 
Kegiatan diikuti ratusan pesilat dari berbagai kelas di bawah naungan Pagar Nusa Bondowoso dan dipusatkan di Gedung Olah Raga (GOR) Pelita Bondowoso, Ahad (20/10).
 
Ketua Pagar Nusa Bondowoso H Samsul Arifin menjelaskan, kegiatan merupakan amanah yang disampaikan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat dalam rangka hari santri.
 
"Pagar Nusa mengadakan suatu kegiatan pertandingan pencak silat internal,” katanya saat temui di lokasi.
 
Dalam pandangannya, momentum hari santri sebagai sarana untuk membangkitkan Pagar Nusa Bondowoso di masa mendatang.
 
"Kita ingin mencetak kader sekaligus atlit profesional yang mempunyai kemampuan baik dari segi skil, olah pikir dan zikir, serta fisik," jelasnya. Lewat kegiatan ini diharapkan akan lahir atlit andal, juga pendekar dengan kemampuan mumpuni. Termasuk olah fisik, olahraga dan spiritual, lanjutnya.
 
Kegiatan perdana bagi Pagar Nusa ini diikuti lima kecamatan antara lain Kecamatan Curahdami, Grujugan, Maesan, Tamanan dan Wringin.
 
Terselenggaranya kegiatan tidak bisa dilepaskan dari kontribusi dan dukungan berbagai kalangan. Dan kebersamaan tersebut hendaknya terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan.
 
“Karena tantangan NU luar biasa dengan adanya paham radikal yang akan merongrong kewibawaan bangsa dan negara, juga mengikis habis ajaran Ahlussunah wal Jamaah an-Nadliyah,” ungkapnya.
 
Dirinya menandaskan Pagar Nusa akan menjadi garda terdepan yang akan mengawal dan mengamankan kebijakan Nahdlatul Ulama dan mengawal para ulama.
 
Pada saat yang sama, dirinya berharap kegiatan menjadi ajang pencarian bakat untuk kader.
 
“Sehingga jika ada pertandingan di kabupaten hingga provinsi, Pagar Nusa bisa ikut berpartisipasi di dalamnya,” harapnya.
 
Ketua panita kegiatan H Rusdi Hasan mengatakan, kegiatan merupakan ajang silaturahim bagi pesilat dan menggali potensi atlit panca silat yang ada di Bondowoso khususnya Pagar Nusa.
 
"Saya yakin, kalau Pagar Nusa terus mengadakan even ini akan muncul bibit-bibit yang bagus," kata kader Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) tersebut.
 
Kelas yang dipertandingakan dalam kejuaraan tersebut yakni kelas dewasa, pra remaja, remaja, usia dini putra dan putri. Mereka dari lembaga pendidikan tingkat MI/SD, MTs/SMP,  MA/SMA di Bondowoso. 
 
 
Pewarta: Ade Nurwahyudi
Editor: Ibnu Nawawi
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG