IMG-LOGO
Internasional

PCINU Jerman Rencanakan Pendirian ‘NU Center’ di Berlin


Ahad 20 Oktober 2019 20:15 WIB
Bagikan:
PCINU Jerman Rencanakan Pendirian ‘NU Center’ di Berlin
Bendera PCINU Jerman (Foto: bangkitmedia)
Berlin, NU Online
Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Jerman tengah mempersiapkan pendirian NU Center di Berlin, Jerman dalam waktu dekat ini. Secara umum, NU Center direncanakan sebagai pusat berbagai kegiatan dalam bidang pendidikan Islam, ekonomi, hingga pemanfaatan teknologi untuk mensyiarkan Islam yang rahmatan lil ’alamin.
 
"(Latar belakang pendirian NU Center adalah sebagai) Kebutuhan akan pusat berbagai kegiatan dalam bidang pendidikan Islam, ekonomi, hingga pemanfaatan teknologi untuk menyebarluaskan nilai-nilai Islam Nusantara, yang kami percaya merupakan satu bentuk pengejawantahan Islam Ahlussunnah wal Jama'ah dan rahmatan lil ‘alamin," kata Ketua Tanfidziyah PCINU Jerman, Muhammad Rodlin Billah (Oding), kepad NU Online, Sabtu (19/10).
 
Oding menyebut, melalui NU Center PCINU Jerman berharap bisa ikut berkontribusi, bukan hanya untuk masyarakat Indonesia saja, tapi juga untuk masyarakat Jerman dalam bentuk pemikiran maupun kajian mengenai penerapan nilai-nilai Islam yang dapat diterima secara luas, sebagaimana nilai-nilai Islam Nusantara menjadi corak dominan di Indonesia.
 
Dia menambahkan, saat ini pihaknya sudah pada tahap pematangan rencana pendirian dan pembentukan kepanitian. Ada beberapa lokasi yang sudah disurvei untuk nantinya dibangun NU Center, salah satunya gedung di dekat Kampus Kampus Technische Universiteit Berlin. Di samping mengonsolidasikan pengurus, PCINU Jerman disebutkan juga sudah berkoordinasi dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) terkait dengan pendirian NU Center tersebut.

"Sejauh ini baru terbentuk tim ad-hoc yang sempat melihat-lihat beberapa kandidat lokasi. Salah satunya sebuah gedung yang terletak di dekat Kampus Technische Universiteit Berlin. Untuk membeli gedung dan tanah seluas 150 meter persegi ini dibutuhkan sekira 820.000 euro (setara Rp12,9 miliar)," jelasnya. 

Menurut Oding, NU Center juga akan difungsikan sebagai pusat kegiatan dan pengembangan amaliah Islam Nusantara, pusat studi Islam Nusantara di Jerman, pusat diplomasi Islam Nusantara, dan pusat pengembangan ekonomi umat khususnya Nahdliyin di Jerman.
 
Juga sebagai pusat pengembangan manusia (human development) yang memiliki karakter Islam Nusantara yakni berakhlak mulia dan pusat sosiokultural Islam Nusantara di Jerman dan akulturasinya dengan sosiokultural masyarakat Jerman, baik pribumi maupun pendatang. Tidak hanya itu, NU Center juga dirancangan akan dilengkapi dengan museum dan perpustakaan Islam Nusantara.
 
Panitia berharap ada dukungan, baik spiritual maupun materiil, dari berbagai pihak untuk mewujudkan pendirian NU Center di Berlin, Jerman tersebut. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi +49 176 27792233 (Muhammad Rodlin Billah).
 
Pewarta: Muchlishon
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG