IMG-LOGO
Daerah

Genjot Ekonomi Lokal, Pengusaha Nahdliyin Karawang Luncurkan Sejumlah Program


Selasa 22 Oktober 2019 01:00 WIB
Bagikan:
Genjot Ekonomi Lokal, Pengusaha Nahdliyin Karawang Luncurkan Sejumlah Program
Pengurus Himpunan Pengusaha Nahdliyin Karawang berpose usai acara. (Foto: NU Online/Ais)
Karawang, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Kabupaten Karawang sedang berupaya melakukan beberapa terobosan dalam meningkatkan kesejahteraan warga NU setempat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan modal usaha yang bersifat mudah, aman, dan anti riba untuk para pengusaha lokal.
 
Demikian disampaikan Sekretaris PC HPN Kabupaten Karawang, Aris Munandar usai mengikuti prosesi pelantikan Pengurus Cabang HPN dan PDNU Karawang masa khidmat 2019-2024 yang digelar di Hotel Novotel, Sabtu (19/10).
 
“Kucuran dana yang sudah berjalan saat ini adalah untuk warung-warung kecil yang ada di Karawang dengan bantuan modal sebesar Rp. 9 juta per warung,” ungkapnya.
 
Dana tersebut, sambung Aris, diterima oleh warung-warung itu tidak dalam bentuk uang tunai melainkan berupa barang dan teknologi yaitu fasilitas PPOB, branding warung berikut isi dagangannya yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
 
“Saat ini, kami juga sedang melakukan pelatihan manajemen dan pasar modal untuk bagaimana warga NU Karawang khususnya bisa mendapatkan permodalan itu,” terangnya.
 
Gandeng Baznas
Ditambahkannya, HPN Karawang juga menggandeng Baznas Pusat dalam mengucurkan bantuan modal kepada para petani mustahik zakat kategori miskin. Caranya, memberikan bantuan modal sebesar Rp. 8,5 juta untuk digunakan dalam mengelola lahan seluas 1 hektar dengan sistem pertanian organik menggunakan pupuk organik marolis.
 
“Saat ini, sudah ada 23 petani yang ikut program ini. Kita berharap ke depan mereka bisa menjadi muzakki bukan mustahik lagi,” tandasnya.
 
Selain itu, program lain yang saat ini sedang digarap oleh HPN Karawang adalah budi daya tanaman porang yang dinilai punya prospek cukup bagus. Sebab, pasarnya sudah masuk sampai luar negeri.
 
“Program budi daya porang ini kita bekerjasama dengan UD Jati Murni dari Nganjuk, Jawa Timur. Mereka siap membeli tanaman porang yang sudah dipanen tanpa dibatasi,” ujarnya.
 
Ditambahkan Aris, potensi usaha warga NU yang ada di Karawang cukup menjanjikan karena selain sudah menjadi kawasan industri dengan UMK yang cukup tinggi, fasilitas dan infrastruktur ekonomi yang ada di Karawang terhitung lengkap.
 
“Sehingga perlu ada pendampingan agar potensi ekonomi warga NU yang ada di Karawang ini bisa terus berkembang,” tambahnya.
 
Usai mendengar informasi ini, Bupati Karawang langsung menyambutnya dengan antusias karena langkah yang dilakukan HPN tersebut dianggap sesuai dengan program Pemda Karawang dalam hal peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.
 
Kontributor: Aiz Luthfi
Editor: Musthofa Asrori
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG