IMG-LOGO
Daerah

Puncak Hari Santri, Kapolsek Sukodono Sidoarjo Pimpin Upacara


Selasa 22 Oktober 2019 21:45 WIB
Bagikan:
Puncak Hari Santri, Kapolsek Sukodono Sidoarjo Pimpin Upacara
Kapolsek Sukodono, AKP Eka Indrayana mendapat kehormatan didaulat sebagai pembina upacara hari santri 2019. (Foto: NU Online/Yuli Riyanto)
Sidoarjo, NU Online
Peringatan Hari Santri 2019 terasa sangat istimewa karena mendapatkan kado spesial berupa lahirnya Undang-undang Pesantren yang barusan saja disahkan. Demikian pula dilantiknya KH Ma’ruf Amin dari kalangan pesantren sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia, Ahad (20/10).
 
Dalam rangka peringatan Hari Santri 2019, SMP Yayasan Pendidikan Ma’arif (YPM) 3 dan SMK YPM 4 Bringinbendo Taman Sidoarjo di bawah naungan Yayasan Pendidikan Ma’arif Sidoarjo menggelar upacara peringatan hari santri. Kegiatan dipusatkan di Lapangan Desa Ngaresrejo, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (22/10).
 
Kegiatan melibatkan sekitar 1500 siswa dan civitas akademika. Selain itu panitia juga mengundang jajaran Polsek, Pemerintah Kecamatan Sukodono, Pemerintah Desa Ngaresrejo, Pengurus Majelis Wilayah Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU), Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor beserta Satkoryon Banser PAC Sukodono dan guru beserta siswa SDN Sambungrejo Sukodono. 
 
Menariknya, panitia memilih lokasi pelaksanan upacara di luar wilayah Kecamatan Sukodono, tapi tetap menghormati kearifan lokal dengan melibatkan berbagai pihak.
 
Kepolisian Sektor Sukodono mendukung penuh peringatan hari santri 2019 dengan menginstruksikan jajarannya untuk hadir mengikuti upacara, sebagian personil lainnya ditugaskan mengatur lalu lintas dibantu oleh Barisan Ansor Serbaguna atau Banser.
 
Kapolsek Sukodono, AKP Eka Indrayana mendapat kehormatan didaulat sebagai pembina upacara hari santri 2019. Rangkaian upacara diawali dengan penghormatan kepada bendera merah putih, pembacaan UUD 1945, pembacaan maklumat santri, pembacaan amanat menteri Agama RI perihal peringatan hari santri 2019, mengheningkan cipta, dan diakhiri dengan doa bersama.
 
Musthofa salah seorang panitia, saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa peserta upacara yang hadir sekitar 1500 terdiri dari siswa SMP YPM 3, SMK YPM 4 Kecamatan Taman.
 
”Untuk tahun ini, peserta upacara juga diikuti oleh GP Ansor, kepolisian dan anak-anak SDN setempat,” kata Musthofa. 
 
“Panitia memilih tempat ini untuk pelaksanaan upacara karena lokasinya representatif dan strategis dan melanjutkan pelaksanaan tahun lalu yang juga bertempat di lapangan ini," ungkapnya.
 
Ketua PAC GP Ansor Sukodono saat ditemui usai upacara menyampaikan apresiasi kepada panitia atas pelaksanaan upacara peringatan hari santri. 
 
“Alhamdulillah untuk tahun 2019 ini keluarga besar PAC GP Ansor Sukodono bisa melaksanakan upacara hari santri di lapangan Ngaresrejo,” kata Kaji Tholib, sapaan akrabnya. 
 
Dan tentunya, tahun ini spesial pada peringatan hari santri tahun ini. “Yaitu adanya kado yang sangat istimewa dengan dilantiknya KH Ma’ruf Amin, seorang santri menjadi Wakil Presiden RI periode 2019-2024,” ungkapnya.
 
Dirinya berharap dengan dilantiknya seorang santri menjadi wakil presiden, menjadi penyemangat untuk kader Ansor Banser yang ada di Indonesia, khususnya yang ada di wilayah Sukodono.
 
”Semoga peringatan hari santri tahun depan dan tahun selanjutnya bisa lebih meriah dan sukses lagi,” tandasnya.
 
 
Kontributor: Yuli Riyanto
Editor: Ibnu Nawawi
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG