Gelar MTQ Pelajar, Bupati Brebes Optimis Muncul Kedamaian dan Ketenangan

Gelar MTQ Pelajar, Bupati Brebes Optimis Muncul Kedamaian dan Ketenangan
Bupati Brebes membuka MTQ Pelajar ke-34 tingkat Kabupaten Brebes, Jawa Tengah di SMP Negeri 1 Losari, Brebes, Kamis (17/10)
Bupati Brebes membuka MTQ Pelajar ke-34 tingkat Kabupaten Brebes, Jawa Tengah di SMP Negeri 1 Losari, Brebes, Kamis (17/10)
Brebes, NU Online
Bupati Brebes Hj Idza Priyanti mengatakan bahwa kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) akan mampu memancarkan Nur Illahi (cahaya tuhan) yang mampu memunculkan kedamaian dan ketenangan serta kelembutan jiwa. MTQ akan menjaga dan menuntun para pembacanya menjadi pribadi yang berkualitas.
 
Hal ini disampaikannya saat membuka MTQ Pelajar ke-34 tingkat Kabupaten Brebes, Jawa Tengah di SMP Negeri 1 Losari, Brebes, Kamis (17/10). Idza yakin, MTQ Pelajar akan melahirkan generasi milenial yang Qurani. Untuk itu, kegiatan positif ini harus terus didorong dan dikembangkan dengan sasaran yang lebih luas dengan memperhitungkan kualitas.
 
“Pelajar Brebes seluruhnya harus mampu membaca Al-Quran secara aktif. Untuk itu, selain menerima pelajaran Al-Quran di sekolah, maka harus pula ngaji di masjid dan mushala di desanya masing-masing,” harapnya.
 
MTQ, lanjutnya, bisa pula dijadikan ajang untuk mengasah dan meningkatkan  keterampilan baca tulis Al-Quran secara baik, benar dan penuh dengan keindahan. Ia pun berpesan kepada seluruh dewan hakim untuk melaksanakan tugas sebaik baiknya, jujur dan adil sehingga siapa yang nanti menjadi juara adalah mereka yang benar-benar terbaik.
 
Menurut Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes Rojat, MTQ tersebut diikuti 272 siswa SD/MI, SMP/MTS hingga SMA/SMK/MA dari 17 Kecamatan se-Kabupaten Brebes. MTQ ini merupakan kegiatan kolaborasi antara  Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dengan Kementerian Agama Kabupaten Brebes.
 
Rojat menjelaskan bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut antara lain meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT sekaligus menumbuhkan kemampuan dalam membaca Al-Quran dikalangan pelajar. Dengan ajang ini diharapkan pula mampu menggali potensi dan bakat serta minat peserta didik yang akan dipersiapkan untuk mengikuti MTQ Pelajar tingkat Provinsi Jawa Tengah.
 
 
Adapun cabang yang diperlombakan yaitu Cabang Tartil Al-Quran, Cabang Tilawah Al-Quran, dan Cabang Tahfidz Al-Quran.
 
Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah raga Tahroni, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes Mahrus, Camat Losari serta beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes.
 
Kontributor: Wasdiun
Editor: Muhammad Faizin
BNI Mobile