Jangan Hanya Dibaca, Al-Qur'an Harus Diamalkan

Jangan Hanya Dibaca, Al-Qur'an Harus Diamalkan
Bupati Brebes Hj Idza Priyanti membuka lomba MTQ. (Foto: NU Online/Wasdiun)
Bupati Brebes Hj Idza Priyanti membuka lomba MTQ. (Foto: NU Online/Wasdiun)
Brebes, NU Online
Al-Qur'an diturunkan untuk menjadi pegangan umat Islam yang ingin mencapai kebahagiaan dunia akhirat. Itulah sebabnya, Al-Qur'an menjadi rahmatan lil alamin. Berfungsi sebagai hudan linnas dan hudan lilmutaqin. Siapapun, baik yang beriman maupun tidak akan tetap mendapatkan petunjuk dengan catatan berpegangan teguh pada Al-Qur’an.
 
"Al-Qur'an mengandung nilai-nilai menyeluruh, baik dari sisi keimanan, syariah, maupun ahlak," ujar Bupati Brebes, Jawa Tengah, Hj Idza Priyanti saat membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Umum tingkat Kabupaten Brebes, di Pendopo Bupati, Kamis (24/10).
 
Idza mengajak kepada masyarakat Brebes untuk membiasakan membaca dan mengamalkan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari hari. "Al-Qur'an bukan hanya sekadar kitab petunjuk tetapi telah menjadi sistem hidup atau way of life bagi umat Islam," pungkasnya.
 
Idza menyebutkan, kalau di Pendopo setiap Jumat Kliwon para hafidz-hafidzah mengkhatamkan Al-Qur'an hingga 90 juz. Kegiatan rutin ini sebagai upaya menyinari Pendopo dengan sinar nur illahi yang terpancar dari Al-Qur'an. Sehingga diharapkan masyarakat Kabupaten Brebes menjadi baldatun toyibatun warobun ghafur.
 
Ketua Panitia MTQ Umum ke-28 Kabupaten Brebes, H Athoillah Syatori menjelaskan,  kegiatan diikuti 272 orang perwakilan dari 17 kecamatan se-Kabupaten Brebes. Adapun cabang yang dilombakan cabang tilawah anak-anak putra putri (papi),  tilawah remaja (papi), tilawah dewasa (papi), tahfidz 1 juz (papi), tahfidz 5 juz (papi), tahfidz 10 juz (papi), tahfidz 20 juz dan tahfidz 30 juz.
 
Setelah diadakan seleksi hingga sore hari, akhirnya Kafilah Kecamatan Bulakamba sebagai juara umum dengan medali sebanyak 20 medali terdiri dari 18 emas dan 2 perunggu. Juara 2 diraih Kafilah Kecamatan Jatibarang dengan 18 emas dan 2 perunggu sedangkan juara 3 Kecamatan Sirampog dengan medali 6 emas, 9 perak dan 1 perunggu.
 
Hadiah berupa piala, piagam, dan sejumlah uang pembinaan diserahkan Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti, Forkopimda, dan Panitia. Juara pertama di masing-masing cabang, akan menjadi duta Brebes pada ajang yang sama di tingkat Provinsi Jawa Tengah.
 
Kontributor: Bambang Sugiarto, Wasdiun
Editor: Syamsul Arifin
BNI Mobile