IMG-LOGO
Internasional

Gembong ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi Dilaporkan Tewas Ledakkan Diri


Ahad 27 Oktober 2019 23:30 WIB
Bagikan:
Gembong ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi Dilaporkan Tewas Ledakkan Diri
Abu Bakar Al-Baghdadi. (AFP)
Damaskus, NU Online
Pemimpin kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakar Al-Baghdadi dilaporkan tewas dalam sebuah serangan militer yang dilancarkan Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (26/10). Disebutkan, ada pakaian dengan bercak darah di lokasi serangan.

Presiden AS Donald Trump mengonfirmasi kematian pemimpin tertinggi ISIS tersebut. Menurutnya, al-Baghdadi tewas setelah meledakkan diri dengan rompi yang dilengkapi dengan bahan peledak setelah mengetahui kesempatannya untuk kabur kecil. Disebutkan, ulah Al-Baghdadi itu juga menewaskan ketiga anaknya.

“Dia (al-Baghdadi) meledakkan rompinya, yang membunuh dirinya sendiri dan tiga anak," kata Trump diberitakan AFP, Ahad (27/10).

Menurut Trump, ledakan tersebut membuat tubuh Al-Baghdadi menjadi terpotong-potong menjadi beberapa bagian. Dari laporan yang diterimanya, Trump memastikan bahwa Al-Baghdadi telah meninggal dunia.  

“Tubuhnya termutilasi akibat ledakan,” sebut Trump.

Sebelumnya diberitakan bahwa AS melancarkan operasi militer yang menargetkan Abu Bakar Al-Baghdadi di Suriah. Operasi tersebut melibatkan helikopter dan pesawat tempur sehingga memicu pergesekan darat di sebuah desa yang dekat dengan perbatasan Turki, Brisha.

Salah satu faksi militer di Provinsi Idlib, Suriah, seperti diberitakan laman Reuters, Ahad (27/10), menyebutkan bahwa Al-Baghdadi telah tewas dalam serangan militer yang dilancarkan AS pada Sabtu (26/10).

Dua pejabat Iran dan dua sumber keamanan Irak juga mengonfirmasi hal itu. Mereka mengaku mendapatkan informasi dari Suriah bahwa al-Baghdadi sudah terbunuh ketika hendak menuju ke perbatasan Turki.

“Sumber kami dari dalam Suriah telah mengkonfirmasi kepada tim intelijen Irak yang ditugaskan mengejar Baghdadi bahwa ia telah terbunuh bersama pengawalnya di Idlib setelah tempat persembunyiannya ditemukan, saat dia mencoba untuk membawa keluarganya keluar dari Idlib menuju perbatasan Turki,"  jelasnya.

Pernah Dikabarkan Tewas
Kabar tentang kematian Al-Baghdadi juga pernah mencuat pada 16 Juni 2017 lalu. Ketika itu, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa Al-Baghdadi. Tidak hanya Al-Baghdadi, Rusia juga mengonfirmasi bahwa 300 pengawal pribadi dan 30 komandan lapangan ISIS juga tewas. 

Hal itu dikemukakan setelah Angkatan Udara Rusia berhasil melancarkan serangan ke titik di mana Al-Baghdadi menggelar pertemuan dengan petinggi ISIS lainnya di Kota Raqqa, Suriah pada 28 Mei 2017.

Pasukan koalisi pimpinan AS pada saat itu tidak bisa mengonfirmasi laporan Rusia terkait dengan kematian Al-Baghdadi. Sementara itu, Direktur Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah (SOHR) Rami Abdul Rahman meragukan berita kematian Al-Baghdadi yang dirilis Kementerian Pertahanan Rusia tersebut.

Setelah ISIS mulai terdesak, Al-Baghdadi selalu bersembunyi. Pada 29 April 2019 lalu, madia ISIS, Al-Furqon, menerbitkan sebuah video yang menampilkan Al-Baghdadi. Video dengan durasi 18 menit itu diberi judul “Di Tengah Keramahan Emir Orang Percaya.”

Ini merupakan penampilan pertama Abu Bakar Al-Baghdadi setelah lima tahun yang lalu, ketika dia mengumumkan kekhalifahan ISIS di Kota Mosul, Irak. Tidak diketahui secara jelas kapan video itu direkam dan di mana tempatnya. Namun ISIS menyebut kalau video itu dibuat pada April.

Jadi, apakah pemimpin ISIS tersebut memang betul-betul sudah tewas? Tentu perlu adanya tes DNA dan biometrik untuk memastikan kabar kematian gembong ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi tersebut.
 

Pewarta: Muchlishon
Editor: Alhafiz Kurniawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG