Shalawat Keliling, Cara IPNU-IPPNU Gresik Ajak Pelajar Cinta Nabi

Shalawat Keliling, Cara IPNU-IPPNU Gresik Ajak Pelajar Cinta Nabi
Shalawat keliling digelar PC IPNU-IPPNU Kota Gresik. (Foto: NU Online/M Jauhari Utomo)
Shalawat keliling digelar PC IPNU-IPPNU Kota Gresik. (Foto: NU Online/M Jauhari Utomo)
Gresik, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Putra (IPNU) dan Ikatan Pelajar  Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Gresik, Jawa Timur memiliki program unggulan yang cukup digandrungi warga. Program tersebut adalah Sholawat Keliling (Sholing) yang merupakan agenda bulanan.
 
Bukan hanya sekadar bershalawat bersama, kegiatan tersebut dibarengi dengan diskusi bersama Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU se-Kabupaten Gresik. 
 
“Boleh dikatakan bahwa Sholing dan Turba atau turun ke bawah ini untuk memudahkan hubungan antara PC dan PAC agar semakin nyambung,” kata Wahyu, Ahad (27/10).
 
Program Sholing dan diskusi bersama ini digagas untuk meningkatkan rasa cinta kepada nabi Muhammad SAW dan mendengar keluh kesah permasalahan yang berkembang di PAC masing-masing kecamatan. 
 
“PC IPNU IPPNU Gresik ingin menjemput bola agar masalah apa yang berkembang di tingkat PAC dapat segera terselesaikan,” kata Ketua PC IPNU Kota Gresik tersebut.
 
Seperti pada kesempatan kali ini, PC IPNU IPPNU Gresik sedang melakukan program tersebut di PAC Ujungpangkah, Gresik bagian utara. Kegiatan itu dilaksanakan di Pondok Pesantren Mambaul Ihsan,  jalan Pendidikan, Banyu Urip, Ujung Pangkah, Banyulegi, Pangkah Wetan, Gresik.
 
Dihadiri oleh para kader PAC daerah setempat, acara diawali dengan pembacaan shalawat oleh perwakilan kader PAC IPNU Ujungpangkah. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan tuan rumah yaitu Gus Atho' kemudian dilanjutkan Ketua PC IPNU Gresik.
 
Pada kesempatan pertama, Gus Atho' berpesan tiga hal kepada kader baik PC maupun PAC IPNU-IPPNU.
 
“Pertama, para pelajar NU jangan sampai meninggalkan shalawat mahallul qiyam di kegiatan sholing ini,” katanya.
 
Sedangkan yang kedua, Pengasuh Pesantren Mambaul Ihsan ini berharap ahar Turba jangan sekadar formalitas.
 
“Namun harus lebih mengakar dan menyentuh ke ranting dan anak cabang,” pesannya.
 
Terakhir, dirinya juga membuka pintu selebarnya kepada kader NU, khususnya IPNU IPPNU untuk melaksanakan kegiatan di pondok yang dikelolanya.
 
“Rekan-rekanita Ujungpangkah, kegiatan ini merupakan wujud komitmen PC IPNU dan IPPNU dalam melaksanakan program yang telah dibuat. Kami berharap melalui forum ini, rekan-rekanita disini bisa menyampaikan apa yang menjadi kendala atau kesulitan selama berproses di IPNU IPPNU,” ungkap Wahyu.
 
Dirinya menginginkan agar tidak ada lagi masalah yang berlarut sehingga menghambat para kader IPNU IPPNU selama berproses. Kegiatan Sholing ini rutin diadakan setiap bulan di Minggu terakhir. 
 
"Kami berharap apa yang menjadi permasalahan di akar rumput dapat segera terselesaikan dan tidak berlarut-larut. Karena itu juga yang nantinya akan menghambat kami. Maka, mumpung kami dan rekan-rekanita PC IPNU  dan IPPNU lainnya hadir di sini, silakan sampaikan kepada kami," tegasnya.
 
 
Kontributor:  M Jauhari Utomo
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile