Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

NU Kubu Raya Kalbar Dikukuhkan dan Siap Berkhidmah

NU Kubu Raya Kalbar Dikukuhkan dan Siap Berkhidmah
Pelantikan PCNU Kubu Raya, Kalbar masa khidmah 2019 hingga 2024. Kegiatan dipusatkan di halaman Pondok Pesantren Darul Hidayah gang Dokter Sutomo Jalan Patok 5 Rasau Jaya. Foto: NU Online/Ulil Abshor)
Pelantikan PCNU Kubu Raya, Kalbar masa khidmah 2019 hingga 2024. Kegiatan dipusatkan di halaman Pondok Pesantren Darul Hidayah gang Dokter Sutomo Jalan Patok 5 Rasau Jaya. Foto: NU Online/Ulil Abshor)
Kubu Raya, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kubu Raya, Kalimantan Barat menggelar pelantikan pengurus Masa Khidmah 2019 hingga 2024. Kegiatan dipusatkan di halaman Pondok Pesantren Darul Hidayah gang Dokter Sutomo Jalan Patok 5 Rasau Jaya, Ahad (27/10). 
 
H Sujiwo dalam sambutannya mewakili pemerintah daerah yang sekaligus selaku Mustasyar PCNU Kubu Raya, mengapresiasi kesempatan ini.  
 
"Bupati bangga karena bersama keluarga besar NU yang didirikan oleh Mbah Hasyim Asy’ari sehingga hafal Mars Yalal Wathon dari awal sampai akhir. Sampai bupati guyon siap jika ditantang untuk dites di depan PBNU,” ungkapnya.
 
Bupati berharap hadirnya pengurus baru NU Kubu Raya masa khidmah 2019 hingga 2024 ini bisa dirasakan dampak dakwah dan edukasinya oleh masyarakat Kubu Raya dalam membangun bangsa dari segi agama dan sosialnya. 
 
“Pemerintah daerah siap jika dimintai bantuan dan masukkan untuk mensukseskan acara Nahdlatul Ulama dan Beserta Banomnya,” pesannya.
 
Secara simbolis dirinya memberikan kunci kantor baru sebagai sekretariat kepada Ketua PCNU, KH Abdussalam yang beralamatkan di jalan Arteri Supadio Km. 8 No. 2 Dusun Wonodadi, Desa Arang Limbung Kab Kubu Raya. 
 
“Semoga bisa beroperasi dan difungsikan selama NU membutuhkannya,” pungkasnya.

Rais PCNU Kubu Raya, KH Ismail Ghofur mengucapkan terima kasih kepada rombongan PBNU dan pemerintah daerah, serta elemen yang turut serta hadir di Pondok Pesantren Darul Hidayah. 
 
"Rasa senang dan duka karena senang sudah dilantik dan mengurus jamiyah NU. Merasa duka karena fasilitas yang disuguhkan jauh dari sempurna. Namun tak mengurangi rasa hormat dan niat baik mengabdi untuk NU,” katanya. 
 
KH Abdussalam selaku Ketua PCNU Kubu Raya menjelaskan selain agenda pelantikan, juga dikemas dengan kegiatan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama angkatan I. 
"Mudah-mudahan kepengurusan ini kompak hingga akhir dan bisa utuh secara kaffah mengkhidmatkan diri kepada Nahdlatul Ulama demi tegaknya Islam Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah." harapnya
 
H Arkanuddin mewakili gubernur mengucapkan salam dan selamat kepada pengurus PCNU Kubu Raya. 
 
“Mari sama-sama membangun umat karena telah terbukti Nahdlatul Ulama telah berkontribusi untuk bangsa ini lewat pondok pesantren dan hampir di semua lini kader NU yang menjadi orang besar aktif di pemerintahan dengan posisi yang strategis," pesannya.
 
Dirinya berharap pondok pesantren bisa mengikuti perkembangan zaman dengan adanya informasi dan teknologi sebagai pencipta kader santri yang unggul untuk bangsa.  
 
Dan sesuai pesan gubernur semoga selama lima tahun masa pemerintahan lahir lima ribu hafidz dan hafidzah. 
 
“Kini terdata sudah 2000 dari pondok pesantren yang bisa membawa nama harum Kalimantan Barat deengan dikompetisikan di ajang seleksi tilawatil Qur'an,” tutupnya.
Pelantikan ditutup pembacaan doa teruntuk para pendiri jamiyyah Nahdlatul Ulama, khususnya jamaah Nahdliyin yang dipimpin KH Khoirumman Arrohbini. 
 
Acara dihadiri KH Mannan Abd Ghani sebagai Ketua PBNU, Aminuddin perwakilan Gubernur Kalbar, Sujiwo selaku Wakil Bupati Kubu Raya, H Irsan. 
 
Juga Suib, selaku anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Bambang Kanifo, Ummi Kalsum dari DPRD Kabupaten Kubu Raya. Rektor UNU Kalbar Rahmat Saputra, Kasat Binmas Sri Harjanto dari Polresta Pontianak.
 
Turut serta hadir KH Khoiruman Arrohbini Pimpinan Pondok Pesantren Datuk Umum selaku sesepuh kiai, bendahara umum H Romawi Martin hadir mewakili Pengurus Wilayah NU Kalbar, Katib PWNU KH Zamroni Hasan sekaligus Ketua MUI Kubu Raya. 
 
Termasuk bergabung Habib Muhammad Husin Aljufri dan seluruh peserta Madrasah Kader NU angkatan I beserta jamaah pengajian. 
 
 
Kontributor: Ulil Abshor
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile