IMG-LOGO
Daerah

Buat Konten Dakwah di Medsos? Perhatikan Hal Ini


Selasa 29 Oktober 2019 15:00 WIB
Bagikan:
Buat Konten Dakwah di Medsos? Perhatikan Hal Ini
Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial untuk Dakwah Toleran dalam rangkaian Hari Santri Nasional (HSN) 2019, Lembaga Ta’lif wa Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.
Cirebon, NU Online
Lembaga Ta’lif wa Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat menggelar Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial untuk Dakwah Toleran dalam rangkaian Hari Santri Nasional (HSN) 2019. Kegiatan ini digelar dalam rangka ikut serta memanfaatkan media sosial sebagai sarana dakwah toleran di tengah merebaknya dakwah radikal di media sosial.
 
Menurut salah satu pemateri, Ahmad Rofahan, sebelum memproduksi konten-konten di media sosial, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para kader NU yang ingin berdakwah di dunia maya.
 
Di antaranya adalah terkait masalah Undang-undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) yang memberi panduan bagaimana beraktivitas di dunia maya. Jangan sampai kader muda NU ikut membuat dan menyebarkan hoaks karena bisa terjerat UU ITE tersebut.
 
"Maka harus hati-hati membuat atau menyebarkan konten. Harus bijak menggunakan media sosial," ujarnya, Sabtu (26/10).
 
Sementara pemateri lainnya, Husain Ali memberikan cara bagaimana membuat caption atau keterangan foto yang paling standar di media sosial. Ia mengingatkan para kader muda NU untuk membuat kalimat yang tepat, berfaedah, dan bermanfaat sehingga mampu dicerna dengan cepat dan baik oleh warganet.
 
"Karena dengan kalimat yang tepat akan berpengaruh dengan informasi maupun makna pesan yang ingin disampaikan," kata Husain Ali kepada lebih kurang 50 peserta yang hadir.
 
Sementara pembicara ke tiga, Anies Al Hilmi memaparkan bagaimana membuat konten dengan isu yang sedang tren di mesin pencarian, salah satunya Google Trend. Menurut Anies, kader muda NU bisa membuat konten yang ter-update dengan merujuk fasilitas Google yang mengurutkan tren apa yang sedang dibahas oleh warganet di dunia maya.
 
"Di Google Trend, kita bisa mencari isu atau topik yang sedang ramai dicari pembaca. Tidak hanya itu, kita juga bisa mencari isu yang sedang ramai di sebuah wilayah atau negara," tuturnya pada kegiatan yang dilaksanakan di Aula Lantai 2 NU Centre, Sumber Kabupaten Cirebon.
 
Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh para kader muda NU yang merupakan perwakilan pengurus Lembaga-lembaga PCNU dan kader-kader IPNU-IPPNU se-Kabupaten Cirebon. Para peserta mengikuti dengan seksama bagaimana memanfaatkan media sosial dengan bijak. Termasuk mengoperasikan sejumlah platform media sosial.
 
Kontributor: Ayub Al Anshori
Editor: Muhammad Faizin
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG