IMG-LOGO
Internasional

Mayat Pemimpin ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi Dibuang di Laut


Selasa 29 Oktober 2019 23:15 WIB
Bagikan:
Mayat Pemimpin ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi Dibuang di Laut
Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi. (Islamic State Group/Al Furqan Media Network/Reuters TV via REUTERS)
Washington, NU Online
Otoritas Amerika Serikat (AS) mengatakan, jasad Pemimpin ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi dibuang ke laut beberapa saat setelah kematiannya dalam operasi militer yang dilancarkan pasukan AS di Suriah. Meski demikian, AS tidak menunjukkan foto atau video jasad Al-Baghdadi ketika dibuang ke laut tersebut.

Para pejabat AS menyebut, pihaknya memiliki foto dan video jasad dan penguburan Al-Baghdadi. Namun foto dan video tersebut masih dalam proses agar bisa dibuka ke publik (deklasifikasi).

Ketua Kepala Staf Gabungan AS, Mark Milley mengatakan, tidak ada pasukannya yang terluka dalam operasi militer yang menargetkan Al-Baghdadi tersebut. Setelah dikalahkan, pasukan AS membawa tubuh al-Baghdadi ke sebuah fasilitas yang aman untuk dites DNA-nya. 

“Pembuangan jasadnya telah dilakukan, lengkap dan ditangani dengan tepat," kata Milley, dikutip laman AFP, Selasa (29/10). 

Dia menyebut, pembuangan jasad Al-Baghdadi ditangani ‘sesuai dengan hukum konflik bersenjata.’

Sementara seorang pejabat Pentagon lainnya mengatakan, jasad al-Baghdadi dibuang ke laut. Tidak ada informasi detail mengenai lokasi laut dan waktu yang dibutuhkan dalam proses ‘pemakaman’ jenazah al-Baghdadi. Hany disebutkan bahwa jasad al-Baghdadi dibawa dengan menggunakan pesawat ke laut tersebut. 

Sebelumnya, AS juga membuang jasad Pimpinan Al-Qaeda Osama bin Laden setelah kematiannya dalam serangan pasukan khusus AS di Pakistan pada 2011 lalu.

Presiden AS Donald Trump mengonfirmasi kematian al-Baghdadi Menurutnya, al-Baghdadi tewas setelah meledakkan diri dengan rompi yang dilengkapi dengan bahan peledak setelah mengetahui kesempatannya untuk kabur kecil. Disebutkan, ulah Al-Baghdadi itu juga menewaskan ketiga anaknya. 

“Dia (Al-Baghdadi) meledakkan rompinya, yang membunuh dirinya sendiri dan tiga anak," kata Trump diberitakan AFP, Ahad (27/10). 

Menurut Trump, ledakan tersebut membuat tubuh Al-Baghdadi menjadi terpotong-potong menjadi beberapa bagian. Dari laporan yang diterimanya, Trump memastikan bahwa Al-Baghdadi telah meninggal dunia.   

“Tubuhnya termutilasi akibat ledakan,” sebut Trump.
 

Pewarta: Muchlishon
Editor: Alhafiz Kurniawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG