Imbas Kemarau, LAZISNU Cirebon Gandeng LPBINU Kirim Air Bersih 

Imbas Kemarau, LAZISNU Cirebon Gandeng LPBINU Kirim Air Bersih 
Warga di Desa Galagamba, Kecamatan Ciwaringin menerima bantuan air bersih dari PC LAZISNU dan LPBINU Cirebon. (Foto: NU Online/Ayub Al-Ansori) ,
Warga di Desa Galagamba, Kecamatan Ciwaringin menerima bantuan air bersih dari PC LAZISNU dan LPBINU Cirebon. (Foto: NU Online/Ayub Al-Ansori) ,
Cirebon, NU Online
Sebagai daerah terdampak kemarau panjang. Bahkan sejumlah kawasan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. 
 
Hal ini menjadi perhatian Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) bersama Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Kabupaten Cirebon. Keduanya mendistribusikan air bersih di Desa Galagamba Kecamatan Ciwaringin, Selasa (29/10).
 
Ketua PC LPBI NU Kabupaten Cirebon, H Ahmad Syafiq mengatakan dalam menghadapi kekeringan panjang, pihaknya dan LAZISNU berupaya keras membantu masyarakat melalui pendistribusian air bersih.
 
Dalam penjelasannya, pengiriman air tersebut sudah memasuki ke delapan kalinya.
“Pendistribusian air ke sejumlah daerah atau kecamatan melalui usulan dari Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama atau MWCNU setempat,” katanya..
 
Dengan demikian, data dan permintaan justru diperoleh dari kepengurusan NU di tingkat kecamatan. 
 
“Karenanya, LPBINU dan LAZISNU Kabupaten Cirebon akan terus melayani usulan sejumlah MWCNU yang membutuhkan air bersih," kata Kang Syafiq, sapaan akrabnya.
 
Lantaran air bersih merupakan kebutuhan dasar dan demikian dibutuhkan warga, kehadiran bantuan ini tentu saja sangat diharapkan. 
 
“Masyarakat tampak antusias dengan adannya bantuan ini,” ungkapnya.
 
Namun demikian, perhatian serupa hendaknya juga dilakukan pemerintah setempat. Karena bagaimanapun, tugas negara yang dalam hal ini diwakili oleh pemerintah daerah mempunyai tanggung jawab dalam melayani masyarakat.
 
"Kami berharap pemerintah dan instansi terkait untuk ikut serta dalam hal ini. Karena masih banyak masyarakat yang membutuhkan pasokan air di Kabupaten Cirebon," jelasnya.
 
Pada saat yang sama, PC LAZISNU Kabupaten Cirebon melalui sekretaris, Agus Sya'roni menjelaskan bahwa lembaganya sangat terbuka untuk para dermawan yang ingin ikut serta mendistribusikan air bersih untuk disampaikan kepada yang berhak.
 
Hingga kini, sejumlah bantuan berupa dana terus mengalir dari berbagai kalangan. Dan LAZISNU dalam kapasitas mendistribusikan bantuan tersebut sehingga dapat membantu kesulitan warga.
 
"Supaya masyarakat terutama warga NU tidak begitu kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Sebab air merupakan kebutuhan pokok," terang Agus.
 
 
Kontributor: Ayub Al-Ansori
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile