Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Geliat Ansor di Mempawah Kalbar Menyapa Kalangan Muda

Geliat Ansor di Mempawah Kalbar Menyapa Kalangan Muda
Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Sungai Kunyit, Mempawah, Kalbar. (Foto: NU Online/panitia)
Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Sungai Kunyit, Mempawah, Kalbar. (Foto: NU Online/panitia)
Mempawah, NU Online
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat menggelar kegiatan rutinitas dua pekan sekali yaitu Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor. 
 
Kali ini kegiatan dilangsungkan di kediaman KH Samhudi Zuhud yang berada di Desa Sungai Kunyit Hulu Kecamatan Sungai Kunyit. Majelis ini juga dihadiri Ketua  Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Sungai Kunyit, KH Haromain Jamaludin, Rabu (30/10). 
 
Dalam majelis ini, para sahabat Gerakan Pemuda Ansor bersama masyarakat membaca shalawat simtud dhurar. Kegiatan dilanjutkan dengan ngaji Kitab Risalah Ahlussunnah Waljamaah karangan pendiri jamiyaah Nahdlatul Ulama Hadratus Syeh KHM Hasyim Asy'ari. 
 
Pembacaan kitab dipimpin KH Mulyadi selaku Pengurus Cabang (PC) Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU) Kabupaten Mempawah. 
 
Dalam kegiatan tersebut para kader Ansor diberikan bekal mengenai pentingnya memahami ajaran Ahlussunah wal Jamaah an-Nahdiyah serta menjadikan acara rutinan ini sebagai wadah dan bekal mendalami ajaran secara lebih mendalam. 
 
“Sebagai kader, Ansor wajib tahu sejarah para pendiri atau muassis kita terdahulu memperjuangkan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah an-Nadiyah ini. Karena banyak rintangan, tantangan bahkan hambatan yang pernah guru guru kita rasakan dan alami,” kata KH Mulyadi, 
 
Sehingga dengan demikian para kader sebagai penerus dari perjuangan pada muassis NU wajib membela dan membesarkan  ajaran Ahlussunnah Waljamaah An Nahdiyah.
 
“Inilah yang harus kita lakukan,” tegasnya. 
 
Ketua Rijalul Ansor, Rizqi mengutarakan bahwa majelis digelar dengan tujuan untuk peningkatan ukhuwah an-Nahdliyah dan kader Ansor Sungai Kunyit.
 
“Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengamalkan dan membentengi Ahlussunnah wal Jamaah serta kader-kadernya agar lebih gemar berdzikir dan membaca shalawat, lebih-lebih ngaji kitab bersama,” ungkapnya. 
 
Ketua MWCNU Sungai Kunyit, KH Haromain menjelaskan kegiatan seperti ini diharapkan bisa menjadi daya tarik masyarakat untuk bergabung dengan GP Ansor Kecamatan Sungai Kunyit khususnya para pemuda.
 
“Juga menjadi wadah bagi masyarakat  untuk ngaji kitab bersama-sama,” katanya.
 
Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor merupakan program dari Pimpinan Pusat GP Ansor yang disuarakan kepada seluruh pengurus mulai Pimpinan Wilayah, Pimpinan Cabang, Pimpinan Anak Cabang hingga Pimpinan Ranting.
 
 
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile