IMG-LOGO
Internasional

Pentagon Rilis Foto dan Video Penyerangan Pemimpin ISIS Al-Baghdadi


Kamis 31 Oktober 2019 15:00 WIB
Bagikan:
Pentagon Rilis Foto dan Video Penyerangan Pemimpin ISIS Al-Baghdadi
Foto before-after tempat persembunyian Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi di Provinsi Idlib, Suriah ketika operasi militer pasukan AS. (Foto: U.S. Department of Defense/Handout via REUTERS.)
Washington, NU Online
Pentagon atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) akhirnya merilis foto dan video operasi militer pasukan AS di Suriah yang menewaskan Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi pekan lalu.
 
Dalam video yang dirilis terlihat bagaimana pasukan AS berjalan kaki mendekati tempat persembunyian al-Baghdadi, di sebuah wilayah perumahan berdinding tinggi di Provinsi Idlib, barat laut Suriah.
 
Pada detik-detik penyerangan, sebuah helikopter yang membawa pasukan militer AS menembaki lokasi persembunyian al-Baghdadi dengan rentetan peluru. Foto-foto before-after menunjukkan bagaimana kondisi tempat persembunyian al-Baghdadi sebelum dan setelah penyerbuan.
 
“Terlihat mirip seperti area parkir, dengan banyak lubang besar,” kata Komandan Komando Pusat AS yang mengawasi pasukan militer AS di Timur Tengah, Jenderal Marinir Kenneth McKenzie, diberitakan AFP, Kamis (31/10).
 
McKenzie meralat keterangan yang disampaikan Presiden AS Donald Trump sebelumnya. Menurutnya, ada dua anak al-Baghdadi yang tewas ketika sang ayah meledakkan rompi bunuh diri setelah kecil kemungkinan untuk kabur, bukan tiga seperti yang disebut Trump. Di samping itu, ada empat wanita dan seorang laki-laki yang terbunuh dalam operasi tersebut.
 
“Tentang saat-saat terakhir Baghdadi, saya bisa memberitahu soal ini. Dia merangkak di terowongan bersama dua anak kecil dan meledakkan diri sendiri,” jelasnya.
 
Dia menyebut, tempat persembunyian al-Baghdadi sengaja diratakan dengan tanah untuk memastikan agar nantinya itu tidak dibangun menjadi kuil atau tempat kenangan oleh pengikut ISIS. Baginya, itu hanyalah sebidang tanah. 
 
McKenzie meyakini, ISIS akan tetap ada dan berbahaya meski pemimpin mereka sudah tewas. Bahkan dia memperingatkan kalau ISIS akan melancarkan serangan balasan atas kematian al-Baghdadi.
 
“Kami mencurigai mereka akan berupaya menyusun semacam serangan balasan. Dan kami bersiap untuk itu,” jelasnya. 
 
Otoritas Amerika Serikat (AS) mengatakan, jasad Pemimpin ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi dibuang ke laut beberapa saat setelah kematiannya. Tidak ada informasi detail mengenai lokasi laut dan waktu yang dibutuhkan dalam proses ‘pemakaman’ jenazah al-Baghdadi. Hanya disebutkan bahwa jasad al-Baghdadi dibawa dengan menggunakan pesawat ke laut tersebut.
 
Pewarta: Muchlishon
Editor: Alhafiz Kurniawan
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG