Ribuan Warga Pringsewu Terima Manfaat Kartu Kesehatan Gratis LAZISNU

Ribuan Warga Pringsewu Terima Manfaat Kartu Kesehatan Gratis LAZISNU
Munirotu Sofa (45), warga Pringsewu Lampung, menunjukkan Kartu Kesehatan Gratis LAZISNU. (Foto: NU Online/Muhammad Faizin)
Munirotu Sofa (45), warga Pringsewu Lampung, menunjukkan Kartu Kesehatan Gratis LAZISNU. (Foto: NU Online/Muhammad Faizin)

Pringsewu, NU Online

Bendahara Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pringsewu, Kabul Muliarto mengatakan bahwa saat ini sudah tercatat sebanyak 7.154 warga Pringsewu, Lampung yang telah menerima manfaat dari Kartu Kesehatan Gratis yang diberikan LAZISNU Pringsewu.

 

"Pada awal diluncurkannya fasilitas kartu kesehatan berobat gratis ini, 62 orang terdata memanfaatkannya pada September 2018. Pada September 2019 tercatat 685 orang memanfaatkannya. Angka paling tinggi pada bulan Juni 2019 yakni tercatat 1.114 orang berobat gratis dengan kartu ini," kata Kabul kepada NU Online, Jumat (1/11).

 

Dengan data ini, Kabul menilai warga masyarakat pemegang Kotak Koin Pondasi Akhirat yang mendapatkan fasilitas tersebut sudah merasakan manfaat dari program ini. Hanya dengan menunjukkan kartu dan kartu keluarga, pemilik kotak bisa berobat gratis di dokter atau klinik kesehatan yang sudah bekerjasama dengan LAZISNU Pringsewu.

 

"LAZISNU Pringsewu sudah mengalokasikan anggaran untuk membayar biaya berobat. Sampai dengan saat ini sudah lebih dari 100 juta kita salurkan untuk pembayaran," jelas Kabul.

 

Program ini lanjutnya, merupakan kesuksesan dari pengelolaan Kotak Koin Pondasi Akhirat yang didistribusikan kepada warga. Di samping untuk kepentingan sosial, agama, pendidikan, bencana, dan sejenisnya, perolehan koin ini juga dialokasikan untuk kesehatan.

 

"Biaya yang ditanggung LAZISNU di antaranya biaya berobat jalan, biaya obat-obatan, biaya kontrol kehamilan, dan biaya perawatan setelah operasi," jelasnya.

 

Niat bersedekah

 

Namun demikian, Kabul mengingatkan kepada warga masyarakat yang telah memiliki ataupun yang ingin memiliki kotak koin agar menata niat untuk tujuan bersedekah melalui kotak tersebut. Jangan niatnya hanya untuk mendapatkan fasilitas yang diberikan semata.

 

"Niatkan untuk infak dan sedekah karena Allah semata. Karena jika Anda salah niat, maka bukan keberkahan yang Anda dapatkan," katanya.

 

Program kesehatan lainnya yang diluncurkan oleh LAZISNU Pringsewu adalah dengan memberi fasilitas penunjang ambulans. "Untuk menunjang program kesehatan, LAZISNU juga sudah memiliki satu kendaraan Ambulans yang bisa digunakan gratis oleh masyarakat untuk kepentingan kesehatan," tambahnya.

 

Melalui koin-koin yang dikumpulkan dari warga ini, LAZISNU Pringsewu tengah berupaya meningkatkan pelayanan dengan rencana penambahan kendaraan ambulans.

 

"Kita akan mewujudkan satu ambulan untuk setiap kecamatan di Pringsewu," ujarnya. Sehingga diharapkan, dalam waktu dekat LAZISNU Pringsewu akan memiliki sembilan ambulans secara keseluruhan.

 

Pewarta: Muhammad Faizin

Editor: Ahmad Rozali

BNI Mobile