Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

IPNU-IPPNU Tegal Serius Garap Kaderisasi

IPNU-IPPNU Tegal Serius Garap Kaderisasi
Rapimcab PC IPNU IPPNU Kabupaten Tegal di Kantor PCNU setempat. (Foto: NU Online/Nurkhasan)
Rapimcab PC IPNU IPPNU Kabupaten Tegal di Kantor PCNU setempat. (Foto: NU Online/Nurkhasan)
Tegal, NU Online
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Tegal, Jawa Tengah berkomitmen dan serius menggarap kaderisasi pelajar NU.
 
Hal itu terungkap saat Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) PC IPNU-IPPNU Tegal di Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat, Rabu (30/10).
 
Bidang Kaderisasi PC IPNU Kabupaten Tegal, Fahrur menyampaikan, masa depan kaderisasi IPNU dan IPPNU di Kabupaten Tegal ada di tangan instruktur dan pelatih. 
 
"Oleh karena itu, dalam upaya menggenjot kaderisasi, PC IPNU-IPPNU Kabupaten Tegal akan mengadakan Latihan Instruktur (Latin) dan Latihan Pelatih (Latpel)," ujarnya 
 
Menurutnya, sebelum Latin dan Latpel digelar, ada beberapa proses yang harus dijalani oleh kader, yakni peserta harus mengikuti Madrasah Kader Aswaja NU (MKANU).
 
"MKANU adalah ciri khas Sekolah Kader Berkelanjutan yang merupakan Program Pimpinan Wilayah (PW) IPNU-IPPNU Jateng di Kabupaten Tegal. MKANU digelar selama lima kali pertemuan tanpa absen. Satu kali peserta absen maka akan dinyatakan tidak lulus. kader akan melalui proses seleksi administrasi, interview dan di tempa dengan berbagai diskusi tentang Ideologi, kebangsaan, keorganisasian, skill dan lain-lain serta diakhiri dengan proses screening," paparnya
 
Pj Ketua PC IPNU Tegal, Fuad Amasy kepada NU Online, Jumat (1/11) menuturkan, IPNU dan IPPNU adalah garda terdepan kaderisasi NU.
 
Untuk itu, sudah sepatutnya IPNU-IPPNU gencar melakukan kaderisasi di semua tingkatan. 
 
"Dan untuk memfasilitasi kegiatan kaderisasi IPNU-IPPNU yang ada di Kabupaten Tegal diperlukan para instruktur (IPNU) dan pelatih (IPPNU) yang handal dan progresif. Oleh karenanya kita siap dan akan mengawal betul kegiatan MKANU menuju Latin dan Latpel PC IPNU-IPPNU Kabupaten Tegal," ujarnya.
 
Fuad juga mengimbau kepada PimpinanAnak Cabang (PAC), Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) IPNU-IPPNU untuk mengutamakan program kaderisasi dan meningkatkan konsolidasi organisasi, baik di kepengurusan tingkat PAC/PKPT maupun Pimpinan Ranting (PR) dan Pimpinan Anak Ranting (PAR)
 
Ketua Pimpinan Cabang IPPNU Kabupaten Tegal Rina Sugiarti menambahkan, menjadi tim instruktur dan tim pelatih tidaklah mudah. Namun membutuhkan istiqamah yang luar biasa dalam mendulang setiap event kaderisasi kader IPNU-IPPNU.
 
"Saya mengajak agar PAC/PKPT IPNU IPPNU di Kabupaten Tegal untuk mendelegasikan kader terbaiknya bila perlu ketua-ketua PAC/PKPT Ikut langsung kegiatan ini. Karena delegasi itulah yang akan mendobrak semangat baru dalam menata PAC/PKPT selanjutnya ,dan sudah menjadi kebutuhan ideal seorang ketua PAC/PKPT juga harus memahami proses kaderisasi yang ada di IPNU-IPPNU.
 
Dikatakan, menjadi instruktur dan pelatih memang bukan jalan utama untuk mengkualitaskan kader, tetapi menurut pengalaman yang pernah dilaluinya, hal itu sangat bisa meningkatkan ghiroh perjuangan di IPNU-IPPNU.
 
Rina mengingatkan, PAC/PKPT tidak boleh takut untuk mendelegasikan kadernya di Latin maupun Latpel. Out put dari Latin dan Latpel diyakini akan membentuk kader yang andal membawa perubahan yang baik di organisasi PAC/PKPT masing-masing, serta memfasilitasi kegiatan-kegiatan kaderisasi di tiap-tiap Kecamatan/PKPT.
 
"Ayo jangan jadi kader jago kandang. Sehebat apapun, sepotensial apapun kader tetapi ternyata hanya berkutat di lingkaran tingkatan itu-itu saja, tidak ada distribusi, tidak ada birokrasi keluar. Itu juga tidak baik," tegasnya
 
Masih menurut Rina, proses seleksi yang demikian ketat di kaderisasi tersebut harus dilalui dengan baik. Sekalipun nanti yang bertahan hanya lima orang, pihaknya akan teguh menggelar Latin Latpel ini. "Karena kami serius menggarap kaderisasi di IPNU IPPNU Kabupaten Tegal," pungkasnya.
 
Hadir pada Rapat Pimpinan Cabang PC IPNU-IPPNU Tegal di antaranya dari PC IPNU-IPPNU, delegasi PAC/PKPT IPNU-IPPNU se-Kabupaten Tegal. 
 
Kontributor: Nurkhasan
Editor: Syamsul Arifin 
BNI Mobile