IMG-LOGO
Daerah

NU Pati Salurkan 300 Tangki Air Bersih untuk Bantu Warga


Ahad 3 November 2019 06:00 WIB
Bagikan:
NU Pati Salurkan 300 Tangki Air Bersih untuk Bantu Warga
Masyarakat antre mengambil air bersih bantuan warga NU melalui NU Care-LAZISNU Pati (Foto: LAZISNU Pati)
Pati, NU Online
Sebanyak 300 tangki air bersih bantuan warga NU disalurkan untuk membantu masyarakat yang terdampak kekeringan akibat kemarau panjang. Gairah dan kepeduli warga NU untuk mengatasi dampak bencana di kalangan Nahdliyin Pati, masih sangat tinggi.
 
"Terbukti dengan banyaknya donasi yang masuk ditujukan untuk membantu bencana kekeringan," kata Ketua NU Care-LAZISNU M Niam Sutaman, Ahad (2/11).
 
Selain NU Care-LAZISNU dan LPBINU, kata Niam, lembaga-lembaga dan Banom NU seperti Muslimat NU, Fatayat NU, Ansor, IPNU-IPPNU dan bahkan Pengurus MWCNU dan Pengurus Ranting NU di Pati juga tercatat aktif menggalang donasi air bersih dan menyalurkannya langsung kepada masyarakat.
 
Dari 300 tangki air yang disalurkan, 100 tangki merupakan bantuan masyarakat melalui NU Care-LAZISNU Pati. Dari penggalangan melalui NU Care-LAZISNU Pati, uang yang terkumpul mencapai sebesar Rp21.000.000. Sementara penyaluran hasil bantuan melalui NU Care-LAZISNU bekerjasama dengan LPBINU Pati.
 ​​​​​​
"Penyaluran tersebut berlangsung sejak 15 September hingga 2 November 2019," ujarnya.
 
Selama masa tersebut, setiap harinya antara satu hingga sepuluh tangki air dikirimkan kepada masyarakat. Beberapa titik tujuan adalah Kecamatan Tambakromo, Kayen, Sukolilo, Winong Pucakwangi, Jaken, Jakenan, dan Juwana.
 
Ketua LPBINU Pati, Imam Rifai menyebutkan, bencana kekeringan tahun ini lebih parah dari tahun-tahun sebelumnya. Hampir seluruh wilayah Pati Selatan mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih. Bahkan di beberapa wilayah Pati Tengah yang biasanya tidak pernah mengalami kesulitan air bersih tahun ini juga kesulitan air.
 
"Kemarau tahun ini relatif panjang dan suhu udara juga relatif lebih panas dari sebelumnya," imbuh Imam Rifai.
 
Permintaan air bersih dari masyarakat terus mengalir. "Bahkan LPBINU Pati sendiri sampai kewalahan memenuhi banyaknya permintaan air bersih dari masyarakat," tutur Imam Rif'ai.
 
Hujan turun setelah tangki ke-seratus 
Imam Rifai menyebutkan tangki ke-98 dan ke-100  oleh NU Care-LAZISNU dan LPBINU Pati dikirimkan ke Dukuh Ngerang dan Desa Keben Kecamatan Tambakromo, Sabtu (2/11).
 
Seusai mengirim bantuan air bersih tangki ke-100, ajaibnya, langit Pati mulai mendung dan hujan pun turun. Para relawan NU Care-LAZISNU dan LPBINU Pati pun, mulai bisa tersenyum.
 
"Mudah-mudahan hujan ini menandai berakhirnya bencana kekeringan di Pati Selatan yang menyulitkan banyak warga," harap Imam Rifai diamini semua relawan di lapangan.
 
 
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG