Madrasah Amil, Ikhtiar LAZISNU Kelola ZIS Lebih Maju

Madrasah Amil, Ikhtiar LAZISNU Kelola ZIS Lebih Maju
Madrasah Amil diselenggarakan NU Care-LAZISNU Nusa Tenggara Barat. (Foto: NU Online/Hadi)
Madrasah Amil diselenggarakan NU Care-LAZISNU Nusa Tenggara Barat. (Foto: NU Online/Hadi)
Lombok Barat, NU Online
Madrasah Amil diselenggarakan NU Care-LAZISNU Nusa Tenggara Barat (NTB) di Pondok Pesantren NU Nujumul Huda, Desa Batu Samban, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari, Sabtu-Ahad (2-3/11) ini bekerja sama dengan Pengurus Pusat (PP) NU Care-LAZISNU.
 
Madarasah Amil diikuti para pengurus NU Care Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) se-Pulau Lombok.
 
Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) NTB, TGH Masnun Tahir mengungkapkan, kegiatan semacam ini penting dilakukan guna memberikan edukasi kepada para pengurus NU Care-LAZISNU Pulau Lombok khususnya, terkait bagaimana mengelola zakat, infaq, sedekah yang baik. 
 
"Semoga menjadi awal baik bagi para pengurus. Atas nama PWNU NTB kami berterimakasih atas kesuksesan acara ini dan berjalan dengan lancar. Dengan tujuan acara ini untuk menunjukkan kapasitas, pengembangan manajerial dan tata kelola zakat," katanya saat menyampaikan sambutannya, Sabtu (2/11) siang.
 
Pada prinsipnya, lembaga atau badan amil menurut Guru Besar UIN Mataram ini harus terbuka dan profesional dalam pengelolaan zakat, infaq juga sedekah. Jika tidak, imbuhnya, ada potensi lembaga tersebut gagal dalam menjalankan manajemen pengelolaannya.
 
"Mari kita buka acara ini dengan bacaan surah Al-fatihah, semoga berjalan lancar,” ucap beliau sembari membuka secara resmi acara Madrasah Amil.
 
Sebelumnya, Ketua NU Care-LAZISNU NTB, Syafruddin mengungkapkan, Madrasah Amil diharapkan menjadi pintu awal dalam memajukan keberadaan NU Care-LAZISNU di NTB.
 
"Kegiatan ini juga untuk memberikan gambaran kepada pengurus LAZISNU dalam pengelolaan, perencanaan dan implementasi program oleh para pengurus, ini penting untuk menjadi langkah awal NU Care-LAZISNU yang ada di wilayah dan daerah-daerah,” ujarnya.
 
Salah satu Tim Madrasah Amil Pengurus Pusat (PP) NU Care-LAZISNU, Wahyu Nurhadi menjelaskan, Madrasah Amil sebetulnya sudah dilaksanakan di berbagai daerah sejak beberapa waktu lalu. NU Care-LAZISNU rutin turun gunung ke daerah-daerah untuk menyukseskan acara ini.
 
"Kami hadir di sini untuk sharing pengalaman terkait menjalankan program-program LAZISNU dan manajemen pengelolaan. Agar pengurus mempunyai bekal dalam menjalankan tugas dan amanah," ungkapnya.
 
Madrasah Amil juga sebagai wujud realisasi jargon MANTAP (modern, akuntabel, transparan, amanah dan profesional) yang sudah melekat di tubuh NU Care-LAZISNU. Untuk mendukung terselenggaranya hal itu, Madrasah Amil menyiapkan berbagi macam materi. Di antaranya sejarah NU Care-LAZISNU, tata kelola fundrising, mekanisme pelaporan, sistem pendistribusian dan pengelolaan media dan data. 
 
"Maka para pengurus sekalian harus fokus mengikuti kegiatan ini," jelasnya.
 
Kontributor: Hadi
Editor: Syamsul Arifin
BNI Mobile