IMG-LOGO
Daerah

Pelajar NU Pati Luncurkan Perpustakaan Online


Senin 4 November 2019 12:00 WIB
Bagikan:
Pelajar NU Pati Luncurkan Perpustakaan Online
null

Pati, NU Online

Pengetahuan dan kemampuan literasi yang baik di era digital saat ini menjadi salah satu kunci kesuksesan masa depan seseorang. Kemampuan memahami informasi secara kritis dan analitis harus dimiliki setiap individu di samping keterampilan membaca teks atau buku.

 

Mengakses dan membaca sumber literasi seperti buku saat ini pun bisa lebih mudah. Generasi milenial yang gemar menggunakan gadget, kini bisa mengakses keberadaan buku bacaan melalui perpustakaan digital.

 

Inilah yang menjadi dasar para pelajar NU di Pati, Jawa Tengah, melalui Badan Student Crisis Center (SCC) menginisiasi berdirinya Perpustakaan Online bekerjasama dengan Lembaga Pers dan Jurnalistik PC IPNU IPPNU Pati. Dengan langkah ini diharapkan pelajar atau masyarakat umum bebas mengakses dan membuka koleksi buku yang diinginkan untuk dijadikan bahan referensi bacaan.

 

"Perpustakaan Online ini merupakan langkah awal kita dari Badan Student Crisis Center IPNU Pati dalam rangka turut serta mewujudkan visi misi PC IPNU-IPPNU Kabupaten Pati dalam membumikan budaya literasi pada pelajar Pati khususnya bagi pelajar NU, di samping nanti ada program-program lain yang tentunya juga menunjang terwujudnya visi tersebut," Kata Miftahus Salam, Direktur Badan SCC kepada NU Online, Ahad (3/11).

 

Kehadiran Perpustakaan Online ini lanjutnya, akan memangkas jarak dan ruang serta waktu bagi masyarakat yang akan mendatangi perpustakaan. Ini menjadi upaya nyata pelajar NU di Pati dalam menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat dari hari ke hari.

 

Adanya Perpustakaan Online ini juga mendapat apresiasi positif dari berbagai pihak, di antaranya dari Ketua PC IPPNU Pati, Rekanita Sulistiani. Perpustakaan Online ini sesuai dengan keinginannya sejak dulu yakni ingin membuat perpustakaan di kantor PCNU guna meningkatkan literasi bagi pengurus.

 

"Selaku ketua saya sangat mengapresiasi terobosan baru dari badan SCC yang bekerja sama dengan Lembaga Pers dan Jurnalistik PC IPNU IPPNU Pati. Ini salah satu bentuk nyata merawat dan melestarikan budaya literasi yang mana memang sekarang zamanya revolusi industri 4.0 yang harus bisa memanfaatkan teknologi sebaik mungkin," katanya.

 

Sementara Mohammad Salman, Ketua PC IPNU Pati berharap keberadaan Perpustakaan Online ini mampu mempermudah pelajar untuk mencari referensi bacaan sehingga meningkatkan semangat membaca para pelajar khususnya di Kabupaten Pati.

 

“Budaya baca atau iqra akan mengantarkan si pembacanya menjadi manusia yang unggul dalam berbagai bidang karena memiliki pengetahuan serta ilmu yang mapan," jelasnya.

 

Koleksi buku yang ada pada Perpustakaan Online ini legal tanpa melanggar hak cipta. Dengan menggunakan android maupun personal komputer, para pengunjung bisa mengakses koleksi buku dengan mengklik: https://sites.google.com/view/perpusonlinepelajarnu-pati/.

 

Kontributor: Mukhoyyaroh

Editor: Muhammad Faizin

Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG