IMG-LOGO
Daerah

Tingkatkan Mutu, SMA Ma’arif NU Teken Kerja Sama dengan Komnasdik Jatim


Senin 4 November 2019 20:30 WIB
Bagikan:
Tingkatkan Mutu, SMA Ma’arif NU Teken Kerja Sama dengan Komnasdik Jatim
Prosesi MoU SMA Ma'arif NU Menganti Gresik dengan Komisi Nasional Pendidikan (Komnasdik) Jatim. (Foto: NU Online/M Jauhari Utomo)
Gresik, NU Online
Perkembangan sekolah seyogianya kian dinamis. Keseimbangan antara kebutuhan, penerapan sistem, dan tata kelola harus berjalan beriringan. Ketika terjadi tumpang tindih, maka roda sebuah lembaga maupun organisasi tidak akan dapat berjalan baik dan maksimal.
 
Sebagai ikhtiar memperbaiki layanan, SMA Sunan Giri Menganti, Gresik mengadakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Komisi Nasional Pendidikan (Komnasdik) Jatim.
 
“Dalam penandatanganan kerja sama tersebut, ada beberapa poin penting yang menjadi pembahasan.  Pertama, Komnasdik siap menjembatani sekolah yang mau meningkatkan mutu pendidikan di setiap daerah di Jawa Timur,” kata Muniroh, Senin (4/11). 
 
Sedangkan poin kedua menurur Kepala SMA Sunan Giri tersebut, Komnasdik Jatim siap menjadi pendamping bagi siswa yang memiliki masalah dengan sekolah maupun guru . 
 
“Dan ketiga, Komnasdik akan membuat aplikasi database yang berfungsi sebagai kontrol masyarakat terhadap transparansi pengelolaan sekolah berikut nilai-nilai capaian siswa,” jelasnya.
 
Muniroh merasa bangga dengan adanya kerja sama ini. Dirinya berharap agar apa yang sudah dilakukan tersebut ke depannya dapat membawa dampak yang positif dan bermanfaat bagi seluruh sekolah, khususnya SMA Sunan Giri Menganti.
 
"Saya merasa bangga dan mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang terlibat, Komnasdik Jatim, Gresik, teman-teman media, khususnya media NU. Semoga nantinya niat baik ini akan berdampak signifikan bagi sekolah kami dan sekolah lainnya," terangnya kepada NU Online.
 
Ketua Komnasdik Jatim, Kunjung Wahyudi mengatakan komitmennya dengan untuk mengawal, mengawasi, dan mendampingi jalannya pendidikan di Jawa Timur. 
 
“Kami mulai dari jenjang tertinggi hingga paling dasar yakni perguruan tinggi hingga tingkat kanak-kanak,” katanya.
 
Pada kesempatan tersebut, Kunjung Wahyudi didampingi Sekretaris Komnasdik Jatim, ketua dan anggota Komnasdik Gresik, pengurus Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama, dan kepala sekolah SMA Sunan Giri beserta dewan guru.
 
Kunjung menambahkan kerja sama sudah dilakukan di 60 sekolah yang ada di Jatim. 
 
“Di Gresik sudah 2 sekolah yang mengadakan ini. Harapan kami, sekolah yang sudah mengadakan ini menjadi percontohan bagi sekolah lain," harapnya.
 
Selain penandatanganan kerja sama di SMA Sunan Giri, Komnasdik juga memberikan materi motivasi kepada seluruh siswa SMA Sunan Giri. Materi itu bertemakan 'Membangunkan Keyakinan Juara dalam Diri' yang disampaikan Sekretaris Komnasdik Jatim yang juga motivator N Faqih Syarif H. 
 
Kegiatan diikuti 500 lebih siswa. Mereka menyimak dengan seksama dan tidak jarang terbawa suasana oleh materi yang disampaikan.
 
Kontributor: M Jauhari Utomo
Editor: Ibnu Nawawi
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG