Usai Diresmikan, BLK Al-Mubarok Gelar Pelatihan Komputer bagi Santri

Usai Diresmikan, BLK Al-Mubarok Gelar Pelatihan Komputer bagi Santri
Pembukaan pelatihan komputer bagi santri di BLK Pesantren Al-Mubarok Pekalongan (Foto: NU Online/Abdul Muiz)
Pembukaan pelatihan komputer bagi santri di BLK Pesantren Al-Mubarok Pekalongan (Foto: NU Online/Abdul Muiz)
Pekalongan, NU Online
Usai diresmikan Wali Kota Pekalongan, Senin (4/11), Balai Latihan Kerja (BLK) Pesantren Al-Mubarok, Kota Pekalongan, Jawa Tengah langsung menggelar pelatihan komputer bagi santri.
 
Pengasuh Pesantren Al-Mubarok KH Zakariya Ansor merasa bersyukur bisa memperoleh bantuan dari pemerintah berupa pembangunan gedung BLK lengkap dengan sarana dan prasarana. 
 
“Fasilitas ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya guna meningkatkan keterampilan para santri khususnya dan masyarakat pada umumnya,” ujarnya kepada NU Online usai peresmian.
 
Menurut Rais Syuriyah PCNU Kota Pekalongan tersebut, santri diharapkan tidak hanya menguasai kitab saja. Akan tetapi juga harus ditunjang dengan keterampilan lain, salah satunya komputer. 
 
“Bahkan inovasi dakwah bisa dengan memanfaatkan teknologi informasi, sehingga bisa memanfaatkan dakwah di media sosial termasuk dakwah dengan menggunakan LCD Proyektor,” tegasnya.
 
Dijelaskan, gedung BLK pesantren beserta isinya merupakan bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI tahun 2019. Dirinya berharap fasilitas yang ada bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan tenaga terampil sebagaimana fasilitas yang ada di BLK tersebut.
 
 
“Saat ini santri sangat memerlukan keterampilan di bidang komputer, sehingga santri di samping memiliki kemampuan baca kitab kuning, juga harus ahli dalam komputer sekaligus bekal kelak kembali ke kampung halaman,” ungkapnya. 
 
Kepala Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (Pakis) Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan, H Muhammad Nadhif, menekankan pada pentingnya penguasaan teknologi informasi pada era milenial ini. 
 
“Dulu pada jaman orang tua kita, ponsel belum begitu berarti. Namun sekarang ponsel menjadi seperti istri kedua, yang harus ada di dekat kita,” terangnya.
 
Nadhif menambahkan, dengan adanya pelatihan komputer ini bisa menjadi bekal bagi santri nanti setelah kembali ke masyarakat. Bisa menjadi inovasi dakwah, menjadi ahli desain grafis termasuk bisnis online.
 
Kegiatan pembukaan pelatihan ini dihadiri Kepala Seksi Pakis Kantor Kemenag Kota Pekalongan yang sebelumnya telah dilangsungkan peresmian Gedung BLK oleh Wali Kota Pekalongan, H M Saelany Mahfudz.
 
“Saya mengapresiasi atas hadirnya BLK Pesantren Al-Mubarok ini. Dengan hadirnya BLK ini diharapkan dapat melahirkan generasi yang siap pakai dan siap kerja, khususnya bagi santri,” ujar Wali Kota.
 
Pewarta: Abdul Muiz
Editor: Musthofa Asrori
 
BNI Mobile