IMG-LOGO
Daerah

Ini Upaya HPN untuk Menggerakkan Ekonomi Nahdliyin Kabupaten Sukabumi


Selasa 5 November 2019 22:15 WIB
Bagikan:
Ini Upaya HPN untuk Menggerakkan Ekonomi Nahdliyin Kabupaten Sukabumi
Para pengurus Himpunan Pengusaha Nahddliyin Kabupaten Sukabumi (Foto: NU Online/Sofyan Syarif)
Sukabumi, NU Online
Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Nahdlyin (HPN) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat berupaya menggerakkan perekonomian berbasis kemasyarakatan, terutama untuk warga NU dengan melakukan pemberdayaan melalui berbagai program.  

“HPN Sukabumi telah melakukan berbagai kerja sama dengan berbagai instansi, yaitu dengan beberapa dinas, di antaranya Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Sosial,” ungkap Sekertaris HPN Kabupaten Sukabumi selepas mengadakan pertemuan dengan para pengurus HPN, di rumah makan Tahu Sumedang, Jalur Lingkar Selatan, Kabupaten Sukabumi, Ahad, (3/11).

Menurut Ahmad Sodikin, dengan Dinas Tenaga Kerja, HPN mengadakan pelatihan sekaligus pengembangan budidaya ikan lele bioplock. Sementara dengan Dinas Sosial, HPN bekerja sama melalui program BPNT yaitu melaluinya agen e-warung.

“Alhamdulillah sampai saat ini telah memiliki 85 agen yang tersebar di beberapa wilayah di kabupaten Sukabumi,” ungkapnya. 

Pria yang akrab disapa Kang Aceng menambahkan, HPN Kabupaten Sukabumi akan terus berupaya memperkuat jaringan agar mampu memberikan kontribusi yang besar terutama bagi warga Nahdliyin. 

“Target kami tidak muluk-muluk,” katanya. 

Ia bersyukur, saat ini pengusaha-pengusaha NU di wilayahnya sudah mulai bersinergi, memiliki visi bersama dan bergerak bersama. Di antara hasil sinergi tersebut adalah, HPN mengembangkan pengolahan biji kopi yang dilakukan di Pondok Pesantren Darrussyifa Alfitroh Yaspida dan air minum mineral.

“Ini berkat hasil bersilaturahmi para pengurus HPN Sukabumi dengan berbagai instansi dan para pengusaha lokal,” kata Aceng. 

Ke depan, sambungnya, ia HPN Kabupaten Sukabumi juga akan mempersiapkan generasi muda NU untuk melek ekonomi. Salah satunya dengan membidik kaum santri. Merek aakan diajak mengikuti pelatihan-pelatihan wirausaha. 

“Para santri di pondok pesantren akan diberikan pelatihan tentang kewirausahaan untuk menciptakan para pengusaha NU yang andal,” ungkapnya. 

Saat Musyawarah Kerja Cabang PCNU Kabupaten Sukabumi, HPN turut serta dalam bazar dengan mengisi stan-stan hasil anggota binaannya.  

Kontributor:  Sofyan Syarif
Editor: Abdullah Alawi
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG