IMG-LOGO
Nasional

FIB Apresiasi Peluncuran Buku Kajian Pernaskahan Guru Besar Filologi UI


Rabu 6 November 2019 09:00 WIB
Bagikan:
FIB Apresiasi Peluncuran Buku Kajian Pernaskahan Guru Besar Filologi UI
Foto: NU Online/Alhafiz K
Depok, NU Online
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia mengapresiasi peluncuran buku Pengantar Penelitian Filologi karya Guru Besar FIB UI Prof Achadiati Ikram di sela seminar nasional naskah dalam kajian antardisiplin di FIB UI, Depok, Selasa (5/11) pagi. 

Kepala Departemen Ilmu Susastra FIB UI Dhita Hapsarani menyampaikan selamat atas peluncuran buku Pengantar Penelitian Filologi karya Prof Achadiati Ikram. Menurutnya, pengabdian Prof Ikram untuk dunia susastra dan terutama filologi patut diapresiasi dan diteladani.

“Pada kesempatan ini ada peluncuran buku karya Ibu Ikram yang dapat digunakan untuk kepentingan humaniora,” kata Dhita Hapsarani.

Manajer Pendidikan FIB UI Nurni Wahyu Wuryandari menyampaikan terima kasih atas peluncuran buku karya Prof Ikram. Menurutnya, buku ini akan sangat menunjang kegiatan akademik yang berkaitan dengan kerja-kerja pernaskahan.

“Terima kasih Bu Achadiati yang meluncurkan buku. Pengabdian ibu begitu luar biasa,” kata Nurni.

Ketua Panitia Seminar Nasional Naskah dan Peluncuran Buku Priscilla Fitriasih Limbong menyerahkan tanda terima penghargaan dan suvenir kepada Prof Achadiati Ikram.

Prof Achadiati Ikram menyampaikan bahwa buku yang diluncurkannya merupakan refleksi atas pengalamannya selama puluhan tahun dalam kerja-kerja filologi dan pernaskahan. Guru besar kelahiran 1930 ini menyatakan bahwa bukunya merupakan panduan umum bagi pemula.

“Sebenarnya saya tidak diberitahukan sebelumnya atas peluncuran buku ini. Buku yang diluncurkan ini bukan berisi ilmu pengetahuan, tetapi lebih pada panduan bagi para filolog pemula yang ingin mengkaji naskah. Jadi jangan terlalu banyak berharap,” kata guru besar yang kini berusia 89 tahun dengan rendah hati.

Pada buku ini Prof Ikram membahas penyebaran tradisi tulis di Nusantara, pernaskahan Nusantara, dasar dan metode filologi, penelitian naskah Nusantara, dan kajian teks sebagai sumber. Buku ini terdiri atas 123 halaman yang diterbitkan oleh Masyarakat Pernaskahan Nusantara (Manassa).
 

Pewarta: Alhafiz Kurniawan
Editor: Muchlishon
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG