IMG-LOGO
Daerah

Debit Air Belum Normal, LPBINU Kabupaten Blitar Kirim Air Bersih


Rabu 6 November 2019 12:00 WIB
Bagikan:
Debit Air Belum Normal, LPBINU Kabupaten Blitar Kirim Air Bersih
Bantuan air bersih diberikan PC LPBINU Kabupaten Blitar di kawasan yang debit airnya belum normal. (Foto: NU Online/Imam Kusnin A)
Blitar, NU Online                                
Sejumlah kawasan telah mendapatkan siraman air hujan, sehingga kesulitan air bersih dapat teratasi. Namun di sejumlah kawasan, debit air belum juga sesuai harapan kendati telah diguyur hujan. Pengiriman bantuan air besih masih sangat dibutuhkan warga.
 
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Blitar, Jawa Timur melalui Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) terus melakukan aktivitas demi membantu masyarakat yang kekurangan air bersih akibat kekeringan.  Khususnya di kawasan Blitar Selatan seperti warga Kecamatan Bakung dan Wonotirto.                                    
 
"Kami terus melakukan droping air bersih ke daerah sasaran. Alhamdulillah droping lancar berkat dukungan semua komponen masyarakat. Dan kami selalu bersinergi dengan lembaga dan organisasi baik swasta maupun pemerintah," kata Imam Karya Bhakti, Rabu (6/11).
 
Menurut Ketua PC LPBINU Kabupaten Blitar ini, sejak Selasa (5/11) pihaknya telah menyalurkan air sebanyak 10.000 liter. Air tersebut didrop ke RT 01/02 RW 03, Desa Plandirejo Kecamatan Bakung sebanyak 5.000 liter. Kegiatan serupa juga dilakukann ke Dusun Krajan RT 01/RW 01 dan RT 04 Desa Ngadipuro sebanyak 5.000 liter.         
 
"Distribusi bisa lancar karena kami dibantu perangkat desa dan Barisan Ansor Serbaguna atau Banser, serta lainnya," ungkap mantan aktivis Pimpinan Cabang  (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Blitar itu.                 
 
Disinggung tantangan dan kondisi terkini, Imam mengatakan masih soal mata air. Sebab hingga kini mata air terdekat dengan daerah sasaran debit airnya belum meningkat.
 
"Tantangannya, ya debit air di sekitar lokasi belum naik meski beberapa hari mulai turun hujan," ungkapnya.                 
 
Mengingat kondisi itu, kegiatan distribusi dan droping air bersih akan terus dilakukan hingga sampai debit air di lokasi sudah normal kembali seperti sebelumnya. 
 
"PC LPBINU Kabupaten Blitar bersama mitra akan  terus melakukan droping air  sampai dengan  mata air normal mengalir," terangnya.                                  
 
Dirinya berharap ada manfaat bantuan yang sudah didistribusikan untuk mendukung kelangsungan kehidupan masyarakat di lokasi darurat kekeringan. 
 
"LPBINU selalu  siap menyalurkan bantuan air bersih untuk daerah terdampak  kekeringan  dari para donatur yang ingin menyumbang," tandasnya.
 
 
Pewarta: Imam Kusnin Ahmad
Editor: Ibnu Nawawi
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG