IMG-LOGO
Nasional

Muslimat NU Lakukan Bimbingan Perkawinan bagi Catin di Depok


Rabu 6 November 2019 16:36 WIB
Bagikan:
Muslimat NU Lakukan Bimbingan Perkawinan bagi Catin di Depok
Muslimat NU menggandeng Kementrian Agama mengadakan kegiatan bimbingan atau kursus calon pengantin di Depok, Jawa Barat. (Foto: Muslimat NU)
Depok, NU Online
Ketahanan keluarga merupakan salah agenda prioritas Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama untuk mewujudkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Hal itu berusaha dilakukan oleh Muslimat NU melalui pernikahan dan perkawinan berkualitas.

Muslimat NU menjelaskan, pada usia pernikahan baru, butuh proses yang harus dijalankan, seperti adaptasi pasangan yang baru menikah, karena untuk menyatukan dua idealisme tidak mudah, yang mengakibatkan tidak ada kecocokan dalam perkawinan yang di jalankan, akhirnya timbul perceraian pada pasangan suami istri.

Untuk menghindari problem tersebut Muslimat NU menggandeng Kementrian Agama mengadakan kegiatan rutin memberikan bimbingan atau kursus calon pengantin (catin) di setiap Kantor Urusan Agama (KUA).

Berlangsung di Auditorium KUA Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat, kegiatan bimbingan calon pengantin dihadiri Pengurus PP Muslimat NU, Rais PCNU Kota Depok KH Syihabuddin Ahmad, Muslimat NU Beji, Kepala KUA Beji Dede Nafis dan Penyuluh Agama Kecamatan Beji H Mustofa.

“Saya mengapresiasi kepedulian Muslimat NU untuk terjun langsung dan bekerja sama dengan KUA ke masyarakat memberikan bimbingan, dan bekal untuk membina rumah tangga pada calon pengantin,” terang Dede Nafis.

Sebelum calon pengantin disahkan, lanjutnya, kita wajib mengingatkan pada mereka kalau membangun rumah tangga itu tidak mudah, Agama yang terdepan menjadi pedoman untuk membina rumah tangga, agar pernikahan abadi.

“Maka itu tiap calon pengantin akan mendapatkan bimbingan dari Kantor KUA sebelum mereka menikah,” tegasnya.

Pihaknya berupaya menghindari grafik angka perceraian dengan cara memberikan bimbingan, dan ia berharap peran serta orang tua agar ikut memberikan bimbingan pada anak mereka supaya terhindar dari perceraian.

Sementara itu, Ketua Muslimat NU Beji Hj Marsih menambahkan, kepedulian PP Muslimat NU untuk umat untuk memberikan semangat dan motivasi masyarakat merupakan langkah penting. Kegiatan ini dibutuhkan masyarakat, khususnya calon pengantin.

“Karena pernikahan dalam hidup cukup sekali kita laksanakan, program yang di tuangkan oleh PP Muslimat NU akan terus kita tindak lanjuti untuk kepentingan umat,” ucap Marsih.

Pewarta: Fathoni Ahmad
Editor: Abdullah Alawi
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG