IMG-LOGO
Humor

Bahasa Arab Itu Mudah


Rabu 6 November 2019 17:30 WIB
Bagikan:
Bahasa Arab Itu Mudah
Ilustrasi humor (ist)
Suatu hari seorang jamaah haji asal Indonesia, sebut saja Supardi, masak saat berada di Arafah. Sesuai peraturan, jamaah haji sebenarnya tidak boleh memasak selama berada di Arafah. Namun karena Supardi tidak selera makan nasi katering yang sudah disiapkan panitia, ia pun masak mi instan di tenda.

Saat Supardi masak, petugas keamanan Arafah memergokinya dan berkata kepadanya. "Mamnu', mamnu', hadza mamnu'," kata petugas sambil menunjuk-nunjuk kompornya.

Supardi tak tahu maksud petugas dan tak menggubrisnya. Ia pun terus memasak mi instan kesukaannya. Berkali-kali petugas mengulang larangannya untuk memasak, namun ia tetap saja memasak karena memang sudah sangat lapar.

Petugas pun kehabisan kesabarannya dan akhirnya menendang kompor yang digunakan untuk memasak. Karuan saja, kompor pun terjungkal dan mi instan Supardi pun berserakan di tanah. Supardi pun marah dan dengan spontan memukul petugas.
 
Atas kejadian ini pun Supardi dibawa ke kantor keamanan untuk diintrogasi. Ternyata Supardi pun bisa menjelaskan kronologi kejadian dengan menggunakan satu kata saja yakni hadza yang berarti ini.

"Hadza, hadza, hadza, hadza, hadza, hadza, hadza," ucap Supardi kata hadza tujuh kali karena ia memang hanya tahu satu kosa kata dalam bahasa Arab.

Tujuh kali hadza itu hadza 1 (sambil menunjuk dirinya sendiri), hadza 2 (sambil mempraktikkan cara masak), hadza 3 (sambil menunjuk petugas yang memergokinya), hadza 4 (mempraktikkan saat petugas menendang kompor), hadza 5 (sambil menunjuk lagi dirinya), hadza 6 (sambil mengepalkan tangan), hadza 7 (sambil menunjuk petugas yang dipukulnya).
 
Ternyata Bahasa Arab itu mudah. (Muhammad Faizin)

*) Diambil dari Kisah KH Yahya Cholil Staquf
Tags:
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG