IMG-LOGO
Daerah

Peringati Maulidurrasul, Ini Rangkaian Acara di Kanzus Sholawat Pekalongan


Rabu 6 November 2019 19:30 WIB
Bagikan:
Peringati Maulidurrasul, Ini Rangkaian Acara di Kanzus Sholawat Pekalongan
Rapat persiapan peringatan Maulidurrasul di Kanzus Sholawat Pekalongan (Foto: NU Online/Abdul Muiz)
Pekalongan, NU Online
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M di Kanzus Sholawat Kota Pekalongan, Jawa Tengah pimpinan Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya bakal digelar lebih meriah.
 
Selain berbagai kegiatan yang sudah rutin digelar, seperti Nikah Maulid, Kirab Merah Putih, dan Pawai Pajang Jimat, kegiatan maulid tahun ini akan diisi dengan beberapa kegiatan tambahan yang tahun sebelumnya tidak ada.
 
Sekretaris Umum Panitia Maulid Kanzus Sholawat Sumarjo menerangkan, pra acara rangkaian peringatan Maulid Nabi di Kota Pekalongan ini akan diawali pada Rabu, 27 November 2019, dengan pagelaran wayang kulit, di Gedung Kanzus Sholawat, Jalan Dr Wahidin, Kota Pekalongan dengan dalang kondang Ki Manteb Sudarsono. 
 
Kemudian pada Kamis, 28 November 2019, diisi dengan Pengajian Milenial dengan penceramah KH Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq) di Lapangan Mataram mulai pukul 20.00 WIB di Lapangan Mataram.
 
“Pada jam yang sama, akan digelar pula pembacaan Maulid Barzanji di Gedung Kanzus Sholawat,” kata Sumarjo, saat Rapat Pleno I Panitia Maulid Nabi Muhammad SAW di Gedung Kanzus Sholawat.
 
Kemudian pada Jumat 29 November 2019 mulai 08.00 sampai 11.00 WIB akan dilaksanakan Nikah Maulid di Gedung Kanzus Sholawat. “Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada peringatan maulid tahun ini juga akan dilaksanakan Nikah Maulid,” jelas Sumarjo.
 
Masih di hari yang sama, imbuh Sumarjo, mulai pukul 14.00 hingga 16.00 WIB akan digelar Kirab Merah Putih dengan titik start dari Masin, Warungasem, Kabupaten Batang dan finish di Alun-Alun Kota Pekalongan.
 
Selanjutnya pada Sabtu 30 November, mulai pukul 07.00 hingga 09.00 akan gelar Apel Merah Putih dan Apel NKRI di Alun-Alun Kota Pekalongan. “Selain itu, mulai pukul 08.00 sampai 12.00 akan diadakan silaturahmi ulama, umaro, TNI, dan Polri bertempat di Gedung Djunaid,” ungkap Sumarjo.
 
Masih di hari yang sama, mulai pukul 14.00 akan digelar Pawai Pajang Jimat dengan titik start di Stadion Hoegeng dan finish di Jalan Dr Wahidin. Dilanjutkan pada sore harinya akan dilaksanakan pembacaan Dalailul Khoirot disambung dengan khataman Al-Qur'an dan pembacaan manaqib di Makam Habib Hasyim bin Yahya di Sapuro, Kota Pekalongan. 
 
“Pada Sabtu malam itu, mulai pukul 20.00 diadakan hiburan musik samer dan gambus El-Balasyik dari Jawa Timur di depan Gedung Kanzus Sholawat,” beber Sumarjo.
 
Sementara, puncak Peringatan Maulid Nabi akan dilaksanakan pada Ahad, 1 Desember 2019 mulai pukul 07.00 WIB di Gedung Kanzus Sholawat. Rangkaiannya diisi dengan pembacaan Dalailul Khoirot, Qasidah Simtuddurror, mauidloh hasanah, dan pelaksanaan maulid hingga pukul 15.00.
 
Pewarta: Abdul Muiz
Editor: Musthofa Asrori
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG