LSN 2019

Nahdlatul Ulama Siap Bentuk Santri FC untuk Kompetisi Liga 3 Indonesia

Nahdlatul Ulama Siap Bentuk Santri FC untuk Kompetisi Liga 3 Indonesia
Direktur Eksekutif Liga Santri Nusantara Alfu Ni'am (kiri) dan pengamat sepak bola M. Kusnaeni (Foto: NU Online)
Direktur Eksekutif Liga Santri Nusantara Alfu Ni'am (kiri) dan pengamat sepak bola M. Kusnaeni (Foto: NU Online)
Nahdlatul Ulama Siap Bentuk Santri FC untuk Kompetisi Liga Tiga Indonesia
Bogor, NU Online
PBNU melalui pengurus pusat Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama tengah menyiapkan pembentukan kesebelasan Santri FC untuk mengikuti kompetisi di Liga Tiga Indonesia. Para pemain yang bakal memperkuat kesebelasan tersebut akan diambil dari para pemain terbaik di Liga Santri Nusantara yang telah berjalan lima tahun. 
“Rencananya kita akan mulai proesesnnya membentuk Santri FC, klub sepak bola yang akan didaftarkan ke PSSI yang sksn ikut di liga tiga,” ungkap Direktur Eksekutif Liga Santri Nusantara 2019 Alfu Ni’am di Sekretariat Seri Nasional Liga Santri Nusantara musim 2019 di Gedung Yayasan Dharma Bhakti Sosial Kabupaten Bogor, Jawa Bara, Kamis (7/11). 

Menurut dia, selama limat tahun diselenggarakan, Liga Santri Nusantara telah diikuti belasan ribu santri. Dalam satu musim saja, misalnya tahun 2019, diikuti sekitar 800 pesantren di seluruh Indonesia dari 23.000 pondok pesantren yang terhubung dengan NU. Sementara santri yang turut serta di tahun ini diikuti sekitar 16.000 yang terbagi di 32 regional. Bahkan, di tahun sebelumnya, diikuti seribuan pesantren, dengan pemain yang lebih banyak lagi. 

“Lima tahun ini, kami sudah punya bibit ribuan pemain santri. Nanti kita seleksi kembali untuk memperkuat Santri FC,” katanya lagi. 

Alfu Ni’am menyebut, tahun 2020 kesebelasan yang mewakili para santri tersebut akan dibentuk dan didaftarkan secara administratif ke PSSI. Rencananya markas Santri FC akan berada di Jakarta. 

Ia yakin, RMINU dengan adanya Liga Santri Nusantara mampu mewarnai persepakbolaan nasional. Sebab basis dasar para santri yang diajarkan kiai untu disiplin, solidaritas, soliditas, sangat relevan dengan sepak bola. 

Hal senada diperkuat oleh Direktur Operasional Liga Santri Nusantara Harianto Oghie. Ia optimis dengan pembentukan Santri FC dengan memanggil kembali para santri berbakat di lintas musim liga santri. 

Dukungan juga disampaikan pengamat sepak bola M. Kusnaeni. Menurut dia, supaya menambah kegairahan pemain di Liga Santri Nusantara, bisa dibentuk Santri FC. 

Untuk diketahui, peraturan yang digunakan di Liga Santri Nusatara menggunakan standar PSSI dan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Di tiap musim, terutama di seri nasional, Liga Santri Nusantara mengundang pemandu bakat dari PSSI untuk mencari talenta-talenta sepak bola dari kalangan santri. Para pemain sepak bola yang pernah diundang untuk itu adalah Robby Darwis (Persib Bandung) dan Nur Alim (Persija Jakarta). Tahun ini ada Maman Suryaman.

Pewarta: Abdullah Alawi
Editor: Alhafiz Kurniawan  
 
BNI Mobile