IMG-LOGO
Nasional

Perjalanan Ditetapkannya KH Masjkur sebagai Pahlawan Nasional


Jumat 8 November 2019 14:21 WIB
Bagikan:
Perjalanan Ditetapkannya KH Masjkur sebagai Pahlawan Nasional
KH Masjkur (tengah). (Foto: Tim Pengusul Gelar Pahlawan)
Jakarta, NU Online
Alhamdulillah setelah berjuang selama dua tahun PCNU Kota Malang dan Yayasan Sabilillah dalam pengusulan gelar pahlwan kini membuahkan hasil dengan ditetapkan KH Masjkur sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden RI pada Jumat (8/11/2019) siang.

Pengusulan gelar pahlawan ini dimulai Oktober 2017 diinisiasi oleh PCNU Kota Malang dan difasilitasi Pemkot Kota Malang, Jawa Timur dengan mengadakan seminar di Hotel Grand Palace Malang yang menghadirkan narasumber dari Kemensos RI dan pakar sejarah Agus Sunyoto.

Setelah seminar berlangsung PCNU Kota Malang dan Yayasan Sabililah membentuk Tim Pengusul Gelar Pahlawan dan disepakati Profesor Kasuwi Saiban sebagai ketua.
 

Setelah itu Tim bekerja keras secara maraton dengan didukung oleh para akademisi dan peneliti dari enam perguruan tinggi besar di Malang yaitu Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Islam Malang, Universitas Merdeka Malang, dan Universitas Islam Raden Rahmat Malang.

“Alhamdulillah setelah dua tahun bekerja dengan tanpa mengenal lelah kini usaha kita tidak sia-sia setelah ada kepastian penetapan KH Masjkur sebagai Pahlawan Nasional yang diumumkan hari ini oleh Presiden RI,” terang Kasuwi Saiban lewat keterangannya kepada NU Online, Jumat (8/11) siang.
 

Menurutnya, penetapan KH Masjkur sebagai Pahlawan Nasional menginspirasi dan mendorong masyarakat Indonesia untuk mengambil teladan dari apa yang telah Kiai Masjkur lakukan dalam memperjuangkan, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan dengan penuh semangat dan ikhlas semata-mata menuju ridha Allah.

“Akhirnya saya selaku Ketua Tim Pengusul Gelar Pahlawan mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota tim dan semua pihak yang telah berpartisipsasi sehingga usaha ini berhasil,” ujarnya.
 

Sementara itu, salah seorang anggota Tim Pengusul Gelar Pahlawan KH Masjkur, Ahmad Khoirul Anam menjelaskan alasan kenapa ulama harus diajukan sebagai pahlawan nasional dan mengapa pula perlu pengakuan negara.

“Mengapa perlu mengajukan ulama sebagai pahlawan nasional? Mengapa perlu pangakuan? Agar generasi Muslim tahu bahwa Indonesia ini didirikan oleh para ulama. Indonesia ini bukan negara thogut, tapi negaramu sendiri,” tegas Khoirul Anam.

Pewarta: Fathoni Ahmad
Editor: Muchlishon
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG