Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Tokoh-tokoh yang Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional Selain KH Masjkur

Tokoh-tokoh yang Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional Selain KH Masjkur
Proses penganugerahan gelar Pahlawan Nasional, Jumat (8/11) di Istana Negara Jakarta. (Foto: Detik)
Proses penganugerahan gelar Pahlawan Nasional, Jumat (8/11) di Istana Negara Jakarta. (Foto: Detik)
Jakarta, NU Online
Selain memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada tokoh Nahdlatul Ulama dari Jawa Timur, KH Masjkur, Presiden Joko Widodo juga memberikan penghargaan yang kepada lima tokoh lainnya yang berasal dari berbagai daerah.

Tokoh-tokoh yang diberikan gelar Pahlawan Nasional pada Jumat (8/11) ialah Ruhana Kuddus dari Sumatera Barat, Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi (Oputa Yii Ko) dari Sulawesi Tenggara, Prof dr M. Sardjito dari DI Yogyakarta, KH Abdul Kahar Mudzakkir dari DI Yogyakarta, AA Maramis dari Sulawesi Utara, dan KH Masjkur dari Jawa Timur.

Prosesi pemberian gelar Pahlawan Nasional itu berlangsung di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (8/11/2019), pukul 13.30 WIB. Pemberian gelar itu diterima langsung oleh para ahli waris di Istana Negara dari Presiden RI.

Gelar tersebut diberikan Jokowi sesuai dengan Keppres Nomor 120/TK/Tahun 2019 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional. Gelar itu diterima oleh para ahli waris.

Enam nama ini merupakan hasil seleksi dari 20 nama tokoh yang diajukan. Nama-nama tersebut kemudian diajukan ke Presiden, hingga dipilih enam nama pada 2019.

Acara ini dihadiri Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Menteri Sosial Juliari Batubara, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Kesehatan Terawan, Mendagri Tito Karnavian, Mensesneg Pratikno, serta Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Hadir juga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Aziz, para pimpinan DPR dan pimpinan MPR, kemudian hadir juga Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa hingga Meutya Hatta.

Pewarta: Fathoni Ahmad
Editor: Muchlishon
BNI Mobile