Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ini Pesan KH Abdullah Kafabihi Mahrus Kepada Banser Subang

Ini Pesan KH Abdullah Kafabihi Mahrus Kepada Banser Subang
KH Abdullah Kafabihi dan Ansor Banser Subang (Foto: NU Online/Ade Mahmudin)
KH Abdullah Kafabihi dan Ansor Banser Subang (Foto: NU Online/Ade Mahmudin)
Subang, NU Online
Pengasuh Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur K. Abdullah Kafabihi Mahrus memberikan mauidzoh hasanah kepada peserta Kursus Banser Lanjutan (Susbalan) Gerkan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Subang, Jawa Barat di Pesantren Nurul Anwar, Dangdeur, Subang, Sabtu (9/11).
 
Dalam kesempatan tersebut, putra dari KH Mahrus Aly itu memberikan pesan kepada seluruh anggota Banser yang tengah mengikuti Susbalan.
 
"Pastikan, niat menjadi anggota Ansor dan Banser harus betul-betul dilandasi oleh hati yang bersih. Niat menjaga Ulama, bagian daripada cinta kepada Ulama," ujar KH. Kafabihi.
 
Selain itu, lanjut KH Kafa, menjadi Ansor dan Banser juga harus bisa membela kebenaran. "Sampaikan kebenaran kepada sesama umat manusia dengan hikmah dan jangan mencerminkan sikap arogansi dan kekerasan. Karena kekerasan tidak mencerminkan dakwah Islam itu sendiri," ujarnya. 
 
Selain memberikan mauidzoh hasanah, KH Kafabihi Mahrus juga memberikan ijazah kepada para peserta Susbalan beberapa aurod untuk diamalkan.
 
"Semoga dengan mengamalkan amalan ini, bisa menjadikan hidup kita semakin barokah, diridhai Allah SWT, hingga tercapai segala apa yang menjadi hajat kita," pungkasnya. 
 
Kegiatan Susbalan yang digelar Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Subang diikuti oleh 70 peserta perwakilan masing-masing pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan perwakilan dari beberapa cabang di Jawa Barat.   
 
Ketua Ansor Subang, Asep Alamsyah Heridinata mengatakan, Susbalan tersebut merupakat fase kedua kaderisasi formal di tubuh Banser setelah dinyatakan lulus Diklatsar dan menunjukkan keaktifannya selama satu tahun.    
 
"Jadi, peserta Susbalan ini kader Banser aktif yang kemudian digembleng dalam fase berikutnya agar betul-betul tumbuh menjadi kader militan. Mereka diseleksi dan mengikuti tahapan screening sehari sebelum dilaksanakan Susbalan ini," ujar Asep.
 
Dikatakan, Susbalan ini merupakan kali pertama dilakukan semenjak dirinya menjabat Ketua PC GP Ansor sejak periode pertama medio 2011 silam. Hingga menjelang berakhirnya periode kedua ini, pihaknya memastikan jika kaderisasi baik di Ansor maupun Banser akan terus ditingkatkan.   
 
"Insyaallah pada Januari 2020, kita akan menggelar Pelatihan Kepemimpinan Lanjutan (PKL) khusus kader-kader Ansor sebagai fase kedua kaderisasi formal di tubuh Ansor," tandasnya.   
 
Kontributor: Ade Mahmudin
Editor: Abdul Muiz
BNI Mobile