Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download
FESTIVAL TAJUG 2019

Festival Tajug LTM PBNU Dorong Masyarakat Cinta Masjid

Festival Tajug LTM PBNU Dorong Masyarakat Cinta Masjid
Ketua Penyelenggara Festival Tajug LTM PBNU, Muiz Ali saat memberikan sambutan dalam pembukaan acara tersebut. (Foto: NU Online/Rahman)
Ketua Penyelenggara Festival Tajug LTM PBNU, Muiz Ali saat memberikan sambutan dalam pembukaan acara tersebut. (Foto: NU Online/Rahman)

Purwakarta, NU Online

Pengurus Pusat Lembaga Takmir Masjid (LTM) Pengurus Besar Nadlatul Ulama (PBNU) mengawali kegiatan Festival Tajug 2019 di Masjid Tajug Gede Cilodong, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, Ahad (10/11) malam. Di antara rangkaian acaranya adalah Road Show Qari dan Haflah Tilawatil Qur’an di sejumlah daerah di Jawa Barat yakni di Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kuningan, dan Kota Cirebon.

 

Sekretaris Panitia Festival Tajug LTM PBNU, Muiz Ali Murtadho mengatakan kegiatan Festival Tajug bertujuan untuk mendorong masyarakat mencintai masjid. Menurutnya, selain itu juga Festival Tajug bermaksud mengingatkan masyarakat agar terus memakmurkan masjid dengan berbagai kegiatan seperti tilawatil qur’an dan kegiatan ibadah mahdloh.

 

“Festival Tajug kegiatan yang sangat penting untuk mendorong masyarakat selalu mencintai masjid, mencintai Al-Qur’an,” kata Muiz saat memberikan sambutan.

 

Ia menjelaskan yang paling penting Festival Tajug berkaitan erat dengan wasiat Sunan Gunung Djati, bahwa beliau menitipkan masjid dan fakir miskin kepada umat Islam. Karena itu, Muiz mengajak kepada warga Jawa Barat untuk melaksakan wasiat tersebut dengan memakmurkan masjid yang ada.

 

“Bahwa kita harus terdorong, kita harus termotivasi untuk selalu bersemangat untuk memakmurkan masjid-masjid kita, mushala-mushala kita, surau-surau kita, dengan kegiatan yang beragam penuh kreatifitas inovasi dan berdasarkan agama kita,” ucapnya menyebutkan rinci.

 

Jika hal itu sudah dilakukan, lanjut Muiz, umat Islam di Indonesia dapat menjadi umat yang dibanggakan oleh Nabi Muhammad SAW. Sementara itu, kaitannya dengan Road Show Qari, pihaknya menilai perlu adanya penguatan di masyarakat terhadap qari-qariah, agar generasi selanjutnya bisa meneladani para qari-qariah tersebut.

 

“Mengajak untuk kembali mencintai qari-qariah kebanggaan kita yang kita miliki karena ini adalah aset yang penting dan kita bangga negara kita memiliki prestasi terbaik dalam bidang tilawatil Qur’an. Ini memotivasi adik-adik kita belajar lebih baik lagi,” tuturnya.

 

Untuk diketahui, Road Show Qari dan Haflah Tilawatil Qur’an di lima daerah di Jawa Barat dalam rangka kegiatan Festival Tajug 2019 digelar oleh LTM PBNU. Rangkaian puncaknya dilangsungkan di Kasultanan Kasepuhan Cirebon pada 22-24 Nopember 2019 mendatang, dan akan dihadiri langsung Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin.

 

Dalam Festival Tajug 2019 tersebut, LTM PBNU akan menghadirkan 100 Sultan dari berbagai daerah di Indonesia dan 500 penggerak masjid se-Jawa Barat. Selain itu, artis Youtube Puja Syarma dan Marjinal Band, juga dijadwalkan hadir dalam acara tersebut.

 

Kontributor: Abdul Rahman Ahdori

Editor: Aryudi AR

BNI Mobile