Seleksi CPNS 2019 Dibuka, Begini Cara Mendaftarnya

Ilustrasi CPNS (NU Online)
Ilustrasi CPNS (NU Online)
Ilustrasi CPNS (NU Online)
Jakarta, NU Online
Pemerintah kembali membuka pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Calon Apatur Sipil Negera (CASN) pada hari ini, Senin (11/11/2019) setelah membuka seleksi serupa pada Oktober 2018 lalu. Bagi yang akan mendaftar CPNS 2019 bisa mengakses laman sscasn.bkn.go.id.
 

Dirilis Badan Kepegawaian Nasional (BKN), berikut cara dan tahap-tahap melakuan pendaftaran CPNS 2019.

Berdasarkan pengumuman Badan Kepegawaian Negara (BKN), sejumlah dokumen yang perlu disiapkan pelamar untuk digunakan melakukan pendaftaran online di portal SSCASN antara lain:

Persyaratan Berkas 

• Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli. Scan adalah memindai KTP da Foto. Foto sebaiknya formal dan dengan tampilan rapi
• Swafoto Swafoto artinya foto selfie pelamar, tentu saja dengan gaya yang elegan
• Ijazah terakhir
• Transkrip nilai asli
• Kartu Keluarga
• Beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi. Sebagai contoh sertifikat keahlian tertentu.
 

Cara Mendaftar di SSCASNBKN

Alur pendaftaran CPNS 2019 di SSCASN dimulai dari persiapan validasi data kependudukan.

1. Calon peserta seleksi CPNS 2019 harus menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga. Kedua data tersebut harus sesuai. Jika data tidak sesuai, maka calon pelamar seleksi CPNS perlu lebih dahulu melakukan validasi data kependudukan di Dirjen Dukcapil Pusat, sebelum melakukan pendaftaran.

2. Setelah data NIK dan Nomor KK sesuai, peserta dapat membuka portal SSCASN di link https://sscasn.bkn.go.id

3. Di portal tersebut, pedaftar membuat akun SSCN 2019 menggunakan NIK dan nomor kartu keluarga atau NIK Kepala Keluarga

4. Pendaftar melakukan login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

5. Pedaftar melengkapi biodata sesuai dokumen persyaratan dengan sebenar-benarnya

6. Pendaftar memilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan pada instansi tertentu

7. Pendaftar melengkapi data, kemudian mengunggah dokumen

8. Cek resume dan cetak kartu pendaftaran
 

Pemerintah berencana menutup pendaftaran CPNS 2019 pada 24 November 2019 mendatang. BKN mencatat 4,5 jutaan pendaftar tahun lalu. Mereka akan melakukan antisipasi potensi gangguan pada server karena banyaknya CPNS yang mendaftar di satu waktu.

Tahun ini pemerintah membuka formasi 197.111, terdiri dari 37.854 formasi pada 68 kementerian/lembaga dan 159.257 formasi pada 462 pemerintah daerah.

Formasi tertinggi berturut-turut ada pada guru yaitu 63.324 formasi, tenaga kesehatan ada 31.756 formasi, dan teknis fungsional ada 23.660 formasi.

Ada dua jenis formasi yang dibuka pada tahun 2019 ini, yaitu formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada Instansi Pusat dan Daerah, serta formasi khusus putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada Instansi Pusat.

Peserta kategori disabilitas bisa mengikuti seleksi kategori umum CPNS 2019, sesuai pengumuman Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada 8 November lalu. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 16 Desember 2019, sedangkan hasil sanggah akan diumumkan pada 26 Desember 2019.

Pewarta: Fathoni Ahmad
Editor: Abdullah Alawi
BNI Mobile