IMG-LOGO
Nasional

Dana Desa Mesti Dikawal untuk Kemaslahatan Masyarakat  


Kamis 14 November 2019 12:15 WIB
Bagikan:
Dana Desa Mesti Dikawal untuk Kemaslahatan Masyarakat  
Workshop Evaluasi Nasional Pengembangan Sumber daya Manusia (PSDM) pada program Inovasi Desa Tahun 2019 (Foto: NU Online/Ahmad Syarif Kurniawan)
Jakarta, NU Online
Memasuki tahun kelima pengadaan Dana Desa diharapkan banyak kader muda di desa dan kampung-kampung ikut berpartispasi dalam perencanaan dan program masyarakat yang bersumber dari Dana Desa. Pengawalan masyarakat dilakukan secara bersama agar program Pemerintah tersebut bermanfaat untuk kemaslahatan lebih luas.
 
Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA PMD) Kabupaten Lampung Tengah, Nanang Susanto menyampaikan hal itu di sela-sela Workshop Evaluasi Nasional Pengembangan Sumber daya Manusia (PSDM) pada program Inovasi Desa Tahun 2019, Senin (11/11).
 
Upaya untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam upaya memandirikan desa dan memaksimalkan penggunaan Dana Desa juga dilakukan oleh Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar pada Kabinet Indonesia Maju pada periode kedua Presiden Jokowi.
 
Untuk mencapai tujuan tersebut, Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melakukan kegiatan workshop tingkat Nasional yang dilaksanakan di Jakarta mulai tanggal 11-15 Nopember 2019.
 
Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar (TA PSD) Kabupaten Lampung Tengah, Nur Azizah Ulfiyana, menambahkan, peserta Worshop Evaluasi Nasional Pengembangan Sumber daya manusia (PSDM) ini merupakan Tenaga Ahli yang mana daerah masuk dalam locus pencegahan konvergensi stunting pada tahun 2020.
 
"Kegiatan ini diikuti sebanyak 612 Orang yang terdiri dari Fasilitator Kelas sebanyak 24 Orang, Tenaga Ahli Madya PSD tingkat Provinsi sebanyak 33 Orang, Tenaga Ahli Madya PIS tingkat Provinsi sebanyak 33 Orang, 251 Orang Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar Tingkat Kabupaten dan 251 Orang Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa tingkat Kabupaten," tutup alumni Pascasarjana IAIN Metro ini.
 
Salah satu program atau fokus penanganan persoalan masyarakat dari Dana Desa untuk mendukung agenda Nasional adalah konvergensi pencegahan stunting tahun 2019. Hal itu juga yang melatari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melaksanakan workshop Evaluasi Nasional Pengembangan Sumber daya Manusia (PSDM) pada program Inovasi Desa Tahun 2019 tersebut.
 
 
Kontributor: Akhmad Syarief Kurniawan
Editor: Kendi Setiawan
 
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG