Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pemkab Kucurkan Beasiswa Puluhan Miliar untuk IAIN Jember

Pemkab Kucurkan Beasiswa Puluhan Miliar untuk IAIN Jember
Rektor IAIN Jember, Jawa Timur H Babun Suharto dan Bupati Faida berfoto bersama usai penyerahan beasiswa. (Foto: NU Online/Aryudi AR)
Rektor IAIN Jember, Jawa Timur H Babun Suharto dan Bupati Faida berfoto bersama usai penyerahan beasiswa. (Foto: NU Online/Aryudi AR)

Jember, NU Online

Sinergitas antara IAIN Jember dan Pemerintah Kabupaten Jember terus dijalin. Kali ini dalam bentuk pemberian beasiswa untuk ribuan mahasiswa lembaga yang terletak di Jalan Mataram No.1, Karang Mluwo, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur itu.

 

Tidak tanggung-tanggung, beasiswa yang dikucurkan mencapai Rp. 41 Miliar lebih untuk 2.430 mahasiswa/wi. Rinciannya Rp. 40,5 Miliar untuk 2348 mahasiswa S1, Rp. 659.912.000 untuk 81 mahasantri S2, dan Rp. 10,5 juta untuk satu mahasantri S3.

 

Penyerahan beasiswa itu berbarengan dengan momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di stadion IAIN Jember, Kamis (14/11) malam. Bupati Jember, Faida berkenan menyerahkan beasiswa tersebut secara simbolis kepada masing-masing perwakilan strata mahasiswa.

 

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Jember, Jawa Timur H Babun Suharto menegaskan bahwa sinergitas antara IAIN Jember dan Pemerintah Kabupaten Jember merupakan pengejawantahan dari tema peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia, yaitu Menuju Indonesia Unggul. Menurutnya, keunggulan Indonesia dan negara manapun, kunci utamanya adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM).

 

“Jadi ini merupakan investasi jangka panjang, yang hasilnya bisa diketahui dalam 10 hingga 20 tahun kedepan,” ucapnya.

 

Ia menegaskan bahwa, IAIN sangat berkepentingan agar mahasiswanya fokus untuk belajar dan mencapai prestasi terbaik tanpa harus direcoki oleh urusan logistik, sehingga kedepan lahir lulusan-lulusan IAIN yang berakhlaq mulia dan berwawasan Islam Nusantara.

 

“Kami punya obsesi bahwa lulusan IAIN Jember kelak bisa mewarnai kehidupan masyarakat di level manapun dengan warna moderat, yang merupakan ciri khas dari ajaran Ahlussunnah wal Jama'ah,” jelasnya.

 

Sementara itu, Bupati Faida dalam sambutan singkatnya berharap agar beasiswa tersebut dapat membantu kelancaran mahasiswa dalam menyelesaikan jenjang pedidikannya dengan tepat waktu. Dikatakannya, Jember dan negeri ini sangat membutuhkan SDM yang qualified, tak tekecuali SDM dengan latar belakang pendidikan agama yang mumpuni.

 

“Ya kami berharap agar semakin banyak mahasantri IAIN Jember yang berprestasi, khususnya di bidang hafalan Al-Qur’an,” ungkapnya.

 

Pewarta: Aryudi AR

Editor: Ibnu Nawawi

BNI Mobile