Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Siapa itu Ulama?

Siapa itu Ulama?

Setelah selesai ngaji dengan pak kiai, tiga orang santri bernama Ahmad, Hamid, dan Hamdan duduk di depan kamar, diskusi santai ditemani kopi sisa beli di koperasi kemarin malam. Mereka membahas penjelasan kiai tentang Bab Menghormati Ulama.

 

"Siapa yang dinamakan ulama?" tanya Ahmad, santri yang terkenal kritis, pintar, dan lihai berpidato di atas panggung kepada Hamid.

 

"Ulama itu berasal dari bahasa arab artinya orang-orang yang berilmu atau tahu tentang hukum agama," jelas Hamid, santri yang sangat tekun membaca berbagai buku dan kitab, berdasar perspektif ilmu bahasa.

 

"Betul. Ulama adalah pewaris Nabi yang benar-benar mendalami ilmu agama tidak secara instan, sehingga mendalam juga ilmunya," tambah Ahmad sambil melihat Hamdan, santri yang sering ngusilin mereka berdua.

 

"Apa semua yang berilmu bisa disebut ulama, Ndan?," tanya Ahmad kepada Hamdan yang terlihat sudah mulai ngantuk.

 

"Tidak bisa dong. Ulama itu sosok yang ilmunya terwujud dalam perilakunya. Selalu membimbing umat dan patut dijadikan suri tauladan. Jika melihatnya hati sejuk. Jika mendengar fatwanya hati tenang. Kalau tidak seperti itu, tidak bisa disebut Ulama, dong," jelas Hamdan membuat Ahmad sedikit kaget karena tidak biasanya Hamdan bisa memberi jawaban dengan baik.

 

"Jadi disebut apa orang yang tidak seperti itu?," tanya Ahmad.

 

"Ubaru," jawab Hamdan sambil menarik sarung dan tidur di atas tikar. (Muhammad Faizin)

BNI Mobile