IMG-LOGO
Daerah

Lembaga Sertifikasi Profesi Ma’arif Jatim Kian Membanggakan


Sabtu 16 November 2019 07:00 WIB
Bagikan:
Lembaga Sertifikasi Profesi Ma’arif Jatim Kian Membanggakan
ASEAN Guiding Principles for Quality Assurance and Recognition of Competency Certification System atau AGP yang diikuti LSP P2 JTM. (Foto: NU Online/Sunan)
Surabaya, NU Online
Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak 2 (LSP P2) JTM adalah lembaga uji kompetensi yang mendapat izin dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Keberadaannya telah memiliki lisensi sejak 6 Agustus 2016.
 
Lembaga yang berdiri difasilitasi oleh Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Jawa Timur itu telah menguji 12.678 siswa SMK di lingkungan Nahdlatul Ulama.
 
Keberadaan LSP P2 Ma’arif JTM ini memiliki program keahlian sebanyak 21 skema lisensi di antaranya rumpun otomotif, teknik informatika, bisnis manajemen, kelistrikan, pariwisata,  pertanian dan permesinan.
 
“Saat ASEAN Guiding Principles for Quality Assurance and Recognition of Competency Certification System atau AGP yang diadakan oleh BNSP di Novotel Surabaya, LSP 2 JTM  mendapat apresiasi sebagai satu-satunya LSP P2 non kementrian pendidikan atau yang dikelola oleh masyarakat,” kata Direktur LSP P2 Ma’arif JTM, Moh Alwi, Jumat (15/11).
 
Dalam pandangannya, apresiasi ini menjadi motivasi tersendiri bagi LSP P2 Ma’arif JTM. 
 
“Sebagai sarana untuk meningkatkan pelayanan dengan berkoordinasi dengan PW LP Ma’arif NU Jawa Timur yang merupakan pengelola pendidikan di Nahdlatul Ulama,” ungkapnya.
 
Menyambut informasi ini, Noor Shodiq Askandar memberikan respons bahwa keberadaan LSP bagi sekolah di tingkat SMK untuk mampu membantu warga NU dalam memperoleh kompetensi terutama menghadapi dunia kerja.
 
Sebagaimana diketahui, saat ini persoalan profesional dalam dunia kerja harus mampu ditunjukkan sebagai bukti keahlian. 
 
“Persaingan kerja yang sangat tinggi ini bagi LP Ma’arif NU Jawa Timur harus dilakukan agar tingkat daya serap lulusan SMK LP Ma’arif NU mampu mengurangi angka pengangguran,” kata Ketua PW LP Ma’arif NU Jatim ini.
 
Dalam waktu dekat LSP P2 Ma’arif JTM akan menyusun program peningkatan kualitas di bawah koordinasi PW LP Ma’arif NU Jawa Timur.
 
“Hal tersebut sebagai jawaban atas kian ketatnya persaingan di tingkat sekolah maupun penyedia tenaga kerja profesional lainnya,” ungkap dosen di Universitas Islam Malang atau Unisma tersebut.
 
Dalam pandangannya, tidak ada pilihan lain kecuali serius menyediakan calon tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan pasar global. 
 
“Karena itu keberadaan lembaga seritifikasi profesi ini sangat penting,” tandasnya.
 
 
Pewarta: Ibnu Nawawi
Editor: Aryudi AR
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG