IMG-LOGO
Daerah

Jangan Pernah Berharap Balasan Saat Berkhidmah di NU


Ahad 17 November 2019 18:30 WIB
Bagikan:
Jangan Pernah Berharap Balasan Saat Berkhidmah di NU
Para pengurus harian PCNU Jember saat pembukaan PKPNU Angkatan ke-3 di Pondok Pesantren Darul Hidayah, Desa Gambirono, Kecamatan Bangsalsari. (Foto: NU Online/Aryudi AR)

Jember, NU Online

Berkhidmah di NU harus dilakukan dengan seikhlas mungkin. Jangan pernah berharap balasan apapun dari tenaga dan pikiran yang pernah dikeluarkan untuk kepentingan NU. Sebab NU memang bukan lembaga profit, sehingga tak perlu terbesit keienginan untuk mendapatkan sesuatu dari NU.

 

“Berkhidmah di NU adalah membantu dan meneruskan perjuangan ulama dalam menjaga aqidah dan menebar dakwah,” ucap Ketua PCNU Jember, KH Abdullah Syamsul Arifin (Gus Aab) di sela-sela pelaksanaan Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) Angkatan ke-3 di Pondok Pesantren Darul Hidayah, Desa Gambirono, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (14/11).

 

Menurut Gus Aab, prinsip yang selalu ditanamkan dalam hati adalah bahwa berkhidmah di NU memang tidak ada apa-apanya, namun jika tulus dan bisa menata hati dalam perjuangan, maka apa-apanya menjadi ada. Artinya, soal imbalan dan sebagainya tak perlu menjadi pertimbangan saat seseorang memutuskan untuk berkhidmah di NU.

 

“Namun ketika kita berjuang dengan ikhlas untuk membantu NU, melayani masyarakat, dan sebagainya, maka rezeki itu pasti mengalir dengan sendirinya meskipun lewat jalan yang tidak disangka-sangka,” ulasnya.

 

Sebagai organisasi yang memperjuangkan ketinggian Islam, maka seyogyanya kecintaan para pengurus dan kader NU, harus terus menerus dipupuk dan ditingkatkan. Output dari kecintaan tadi adalah keikhlasan untuk selalu berkorban kapanpun diperlukan. Cinta memang butuh pengorbanan.

 

“Maka dalam cinta yang dipertaruhkan bukan apa yang kita dapatkan, tapi apa yang bisa kita berikan. Dan itulah seharusnya folosofi cinta kita keada jamiyah Nahdlatul Ulama,” ungkapnya.

 

PKPNU yang digelar PCNU Jember ini diikuti oleh 103 peserta. Enam diantaranya adalah anggota DPRD Jember dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa. Mereka mengikuti pendidikan dengan saksama selama tiga hari berturut-turut.

 

Menurut Ketua Panitia PKPNU Angkatan ke-3 PCNU Kabupaten Jember, Nurul Huda, hari ini adalah hari terakhir pelaksanaan pelatihan, yang akan diakhiri dengan pembai’atan peserta di tengah malam nanti.

 

“Alhamdulillah sampai hari ini tidak ada yang gugur,” pungkasnya.

 

Pewarta: Aryudi AR

Editor: Ibnu Nawawi

Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG