Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

FASI di Tegal sebagai Upaya Melahirkan Generasi Islami

FASI di Tegal sebagai Upaya Melahirkan Generasi Islami
Pelepasan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. (Foto: NU Online/Tahmid)
Pelepasan Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. (Foto: NU Online/Tahmid)
Tegal, NU Online
Kafilah Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI)  Kabupaten Tegal, Jawa Tengah resmi dilepas oleh Kepala Bagian Kesra Kabupaten Tegal, Muhtadi didampingi Kepala Bagian Agama dan Pendidikan Pemerintahan Tegal, Mudai. Kafilah tersebut akan mengikuti kegiatan FASI tingkat Provinsi Jawa Tengah di Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali pada Jumat (22/11) di Komplek Pemda Kabupaten Tegal.
 
Salah seorang panitia kafilah FASI VII Kabupaten Tegal, Salapudin Yusuf menyampaikan, bahwa pelaksanaan FASI dilakukan dengan seleksi berjenjang dimulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat nasional. Adapun peserta yang akan berangkat mengikuti FASI VII tingkat Provinsi ini adalah peserta yang memperoleh juara I pada seleksi tingkat kabupaten yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.
 
Ia juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan FASI VII tingkat Provinsi Jawa Tengah ini dilaksanakan selama tiga hari, Jumat-Ahad (22-24/11). Sedangkan pelaksanaan FASI VII tingkat nasional akan dilaksanakan pada bulan Januari 2020 mendatang di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.
 
Sedangkan jumlah kafilah FASI VII Tegal ini terdiri dari 60 orang dengan rincian pengurus kafilah berjumlah 24 orang dan 45 orang peserta. Adapun cabang lomba yang diikuti yaitu cabang tartil, tilawah, tahfidz, tarjamah 
lafziyah, azan dan iqomah, ceramah, kisah islami, kaligrafi, mewarnai, cerdas cermat Al-Qur’an, nasyid dan perayaan shalat. 
 
"Seluruh cabang yang diikuti tergolong dalam tiga tingkat perlombaan yaitu tingkat Taman Kanak-Kanak Al Qur’an (TKQ) berjumlah 17 peserta, tingkat Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) berjumlah 15 peserta dan tingkat Ta’limul Qur’an lil Aulad (TQA) berjumlah 13 peserta," ujarnya.
 
Sementara Muhtadi menyampaikan, bahwa cabang lomba yang diikuti dan diperlombakan pada FASI dapat membentuk pribadi-pribadi yang baik dan bernilai ibadah. Ia berharap dengan kegiatan yang positif ini akan membentuk generasi islami yang berkualitas dan berbakat, sehingga nantinya bisa mengharumkan nama Kabupaten Tegal.
 
Acara dilanjutkan dengan penyematan slayer kepada peserta secara simbolis dan salaman oleh seluruh peserta. Setelah kegiatan pelepasan, Kafilah FASI VII Kabupaten Tegal berangkat dari Komplek Pemda Kabupaten Tegal menuju tempat pelaksanaan FASI VII tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Boyolali dengan menggunakan dua buah bis.
 
Kontributor: Tahmid
Editor: Syamsul Arifin
BNI Mobile