Tingkatkan Literasi, IAI Al-Aziziyah Bireuen Miliki Pojok Baca

Peluncuran Pojok Baca (BI Corner) di IAIA Samalanga. (Foto: NU Online/Bang Helmi)
Peluncuran Pojok Baca (BI Corner) di IAIA Samalanga. (Foto: NU Online/Bang Helmi), Tingkatkan Literasi, IAI Al-Aziziyah Bireuen Miliki Pojok Baca
Peluncuran Pojok Baca (BI Corner) di IAIA Samalanga. (Foto: NU Online/Bang Helmi), Tingkatkan Literasi, IAI Al-Aziziyah Bireuen Miliki Pojok Baca
Bireuen, NU Online
Bank Indonesia telah membangun setidaknya 14 BI Corner. Keberadaannya untuk meningkatkan budaya literasi bagi masyarakat khususnya kalangan kampus. 
 
Penegasan tersebut disampaikian Kepala KPw Bank Indonesia Lhokseumawe, Yufrizal. Menurutnya, 14 BI Corner, Aceh Tengah ada di IAIN Gajah Putih Dinas Perpusatkaan dan Kearsipan dan beberapa wilayah Kabupaten lainnya. Sedangkan di Bireuen, BI Corner telah didirikan di kantor Perpustakaan dan Kearsipan Bireuen, Universitas Al-Muslim dan IAIA Samalanga.
 
“Minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah,” katanya, Jumat (22/11). 
 
Menurutnya, berdasarkan hasil penelitian bahwa dari seribu masyarakat, hanya seorang saja yang memiliki minat membaca. Untuk peringkat dunia, juga sangat memperihatinkan lantaran menempati peringkat 60 dunia dan satu tingkat di bawah Boswana sebagai salah satu negara di Afrika.
 
"Kami berharap dengan adanya BI Corner mampu meningkat minat membaca dan menambah keilmuan serta sumber daya manusia," ungkapnya.
 
Lebih lanjut Yufrizal dalam paparannya menjelaskan para orang kaya terkaya di dunia mewajibkan dirinya membaca minimal 500 halaman setiap hari.
 
BI telah banyak membantu Insutut Agama Islam Al-Aziziyah Samalanga dan dayah Ma'hadal Ulum Diniyyah Islamiyyah (MUDI) Samalanga. Saat kompleks masih terlihat sampah tidak ada penampungannya, BI membantu termasuk mesin pengolah sampah.
 
Penegasan ini disampaikan Rektor IAIA Samalanga, Tgk Muntasir A Kadir. Karenanya, dirinya sangat berterima kasih atas perhatian BI selama ini. Perhatian kepada fasilitas kiampus menjadi tanggung jawab bersama dalam rangka meningkatkan kapasitas civitas akademika.
 
"Dulunya kala kegelapan yang sering menghantui IAIA Samalanga, BI Lhokseumawe membantu mesin genset, dan kini datang membawa lampu ilmu dengan mengelar kuliah umum dan pojok baca," katanya.
 
Karena itu dirinya berharap minat baca kalangan kampus semakin meningkat dengan kehadiran pojok baca. Karena wawasan dan pengatahuan akan semakin tinggi seiring dengan kegemaran dalam membaca.
 
 
Kontibutor: Bang Helmi
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile