Sejarah Baru, Turnamen Sepak Bola Piala Menteri Agama Digelar

Sejarah Baru, Turnamen Sepak Bola Piala Menteri Agama Digelar
Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi menyerahkan piala bergilir kepada Rektor IAIN Jember, H Babun Suharto. (Foto: NU Online/Aryudi AR)
Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi menyerahkan piala bergilir kepada Rektor IAIN Jember, H Babun Suharto. (Foto: NU Online/Aryudi AR)

Jember, NU Online

Sepak bola Indonesia terus menggeliat. Demam sepak bola merambah kemana-mana. Setelah pesantren menyelenggarakan turnamen sepak bola yang dikemas dengan LSN (Liga Santri Nusantara), kini giliran PTKN (Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri) menyelenggarakan ajang serupa dengan titel Football Championship 2019.

 

Ajang tersebut sebenarnya sudah dimulai sejak Kamis (21/11) lalu, namun secara resmi baru dibuka oleh Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi pada Jumat (22/11).

 

Pembukaan diawali dengan penggiringan 100 bola oleh Zainut Tauhid bersama Rektor IAIN Jember, Babun Suharto, dan diikuti para pejabat kampus dan undangan lainnya. Penggiringan bola itu dimulai dari gedung Surya Dharma Ali menuju stadion Imam Nahrawi IAIN Jember.

 

Dalam sambutannya, Zainut Tauhid berharap, turnamen sepak bola mahasiswa Piala Menteri Agama tersebut terus berlanjut setiap tahun. Dari situ diharapkan lahir bibit-bibit pesepak bola andal yang patut dibanggakan. Mereka bisa bersaing tidak hanya di level lokal, tapi juga level nasional bahkan internasional.

 

“Harapan kami mudah-mudahan ini bisa berjalan secara rutin kedepannya,” ungkapnya.

 

Sementara itu Rektor IAIN Jember, H Babun Suharto menegaskan keyakinannya bahwa mahasiswa di bawah naungan PTKN juga mempunyai potensi di bidang olahraga, khususnya sepak bola. Sebab sepakbola merupakan olahraga rakyat yang tumbuh subur di mana-mana.

 

“Kami menyediakan sarana agar mereka yang punya hobi sepak bola bisa mengembangkan diri tanpa perlu melalaikan tugasnya sebagai mahasiswa,” ujarnya.

 

Karena itu, lanjutnya, stadion Imam Nahrawi yang baru dibangun di kompleks IAIN Jember, juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luar selain mahasiswa, tentunya.

 

“Mari kita rawat dan kita manfaatkan stadion ini dengan sebaik mungkin,” jelasnya.

 

Dalam kesempatan itu, Zainut Tauhid berkenan melakukan tendangan bola perdana untuk menandai dimulainya Football Championship 2019. Dan sejurus kemudian, wasit melakukan kick off pertandingan antara IAIN Madura melawan IAIN Purwokerto.

 

Football Championship 2019 ini diikuti oleh 16 tim. Mereka berasal dari IAIN Jember, IAIN Kediri, IAIN Madura, IAIN Pekalongan, IAIN Ponorogo, IAIN Purwokerto, IAIN Surakarta, IHDN Denpasar, UIN Malang, UIN Bandar Lampung, UIN Riau, UIN Surabaya, UIN Bandung, UIN Jakarta, UIN Semarang, dan IAIN Cirebon.

 

Pewarta: Aryudi AR

Editor: Ibnu Nawawi

 

BNI Mobile