IMG-LOGO
Internasional

OKI Dorong Pemimpin Muda Islam Berkualitas


Senin 25 November 2019 21:55 WIB
Bagikan:
OKI Dorong Pemimpin Muda Islam Berkualitas
Indonesia Islamic Yong Leaders Summit 2019 di di Nusantara V Gedung DPR RI, Senayan Jakarta.
Jakarta, NU Online
Sejumlah tokoh yang hadir dalam ajang Indonesia Islamic Yong Leaders Summit 2019 menegaskan para calon pemimpin Islam dituntut untuk memiliki kualitas, terlebih di dunia yang semakin modern. 
 
Di antaranya Wakil DPD RI Sultan Najamudin, mengatakan pemimpin muda Islam harus cerdas, aktif, dan energik agar bisa sukses.
 
"Di dunia modern ini kita harus bekerja lebih keras lagi. Pemimpin muda kelak harus bisa menciptakan perubahan yang lebih baik," ungkap lelaki asal Bengkulu ini, Sabtu (23/11).
 
Senada dengan Sultan, Menteri Agama Fachrul Razi mengungkapkan sistem kepemimpinan yang paling ideal ialah sistem kepemimpinan Rasulullah. Berkaca pada kondisi masa lalu, Rasulullah sangat toleran terhadap umatnya. 

Saat perang melawan tentara Quraisy, umatnya ada yang memohon untuk memindahkan pasukan perangnya. "Ya Rasulullah, saya itu orang sini, saya memohon pindahkan pasukan perang Anda karena saya takut kondisi daerah disini menjadi tidak aman," ucap Fachrul menirukan ungkapan umat Rasulullah.

Akhirnya, Rasulullah memindahkan pasukan perangnya. Menurut Fachrul, hal ini bisa menjadi catatan penting bagi pemimpin muda saat ini. Menjadi pemimpin bukan berarti harus merasa paling hebat. "Tapi justru telinga harus peka mendengar apa saran dari rakyatnya," katanya.
 
Adapun Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid memaparkan generasi muda harus memberikan kontribusi nyata terhadap perubahan dunia. Ia menyarankan, generasi muda harus banyak mempelajari bahasa. Baik itu Bahasa Inggris atau Bahasa Arab.
 
"Penting juga untuk bergabung dengan organisasi-organisasi Islam seperti OIC Youth," pungkasnya.
 
Perlu diketahui, ajang tersebut diadakan oleh Organisation of Islamic Cooperation (OIC) atau Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Acara ini diadakan di Nusantara V Gedung DPR RI, Senayan Jakarta.

Melalui seremonial pembukaan bertajuk Strenghtening the Role of Muslim Youth to Consolidate the Ummah, acara ini menghadirkan beberapa panelis ternama.

Di antaranya Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali, Duta Besar Azaerbaijan HE Amb Jalal Mirzayev, Wakil DPD RI Sultan Najamudin, Wakil MPR RI Hidayat Nur Wahid,  Menteri Agama Fachrul Razi dan Keynote Speaker  Ahmad Muzani. 

Siti Heni Rohamna
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG