IMG-LOGO
Nasional
FESTIVAL TAJUG 2019

Fungsi Masjid Tertera dalam Doa Keselamatan


Selasa 26 November 2019 01:00 WIB
Bagikan:
Fungsi Masjid Tertera dalam Doa Keselamatan
Ilustrasi
Cirebon, NU Online
Umat Islam dalam doanya selalu meminta keselamatan. Begitu juga masjid yang memiliki fungsi dan tugas serta harapan masyarakat. Masjid harus menyesuaikan kebutuhan masyarakat.

KH Abdul Manan A Ghani Ketua PBNU mengatakan kebutuhan jamaah di masjid tertera dalam doa Allahumma innanas aluka salamatan fiddin, wa'afiatan fil jasad, waziyadatan fil ilmi, wabarakatan firrizki, wataubatan qablalmaut, warahmatan indalmaut, wamagfiratan ba'dal mauti.
 
"Doa itu yang sering dibaca setelah shalat di masjid, itu artinya harapan jamaah agar masjid berfungsi dalam doa tersebut," kata Kiai Manan saat menjadi pembicara pada Halaqah Kemasjidan dalam rangka Festival Tajug di IAIN Nurjati Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (23/11).

Kiai Manan mengejelaskan, pertama masjid sabagai doktrin Aswaja, Islam datang menyatu dengan budaya. Dengan dijadikan tempat pendidikan Aswaja, umat Islamakan diselamatkan agama. "Itulah nas aluka salamatan fiddin," jelas Kiai Manan. 

Wa'afiatan fil jasad, para jamaah ingin shalat di masjid yang bersih. Pengelola masjid atau takmir masjid harus profesional dalam pengelolaannya. Jangan sampai karpetnya bau dan berdebu. Jangan sampai orang datang ke masjid kena penyakit demam berdarah karena karpet jadi sarang nyamuk.
 
"Ini pesan kedua, masjid harus bisa menjaga kesehatan para jamaah. Masjid harus punya ambulan atau klinik, agar keberadaan masjid terasa di tengah masyarakat," lanjutnya.
 
Ketiga, masjid juga harus menjadi tempat pendidikan; menjadi tempat pembelajaran Al-Qur'an. Masjid bisa memberikan pemberdayaan beasiswa kepada jamaah. "Ini sesuai dengan ziyadatan fi ilmi, menambah keilmuan para jamaah dengan pengajian," terang kiai asal Cirebon ini. 
 
Barakatan fir rizqi, bagaimana masjid bisa memberikan pemberdayaan ekonomi kepada jamaahnya. Generasi muda harus diberdayakan bisa dengan pengelolaan koperasi di masjid. 
 
Taubatan qablal maut (taubat sebelum mati) masjid sebagai fungsinya sebagai tempat berdakwah. Masyarakat yang bermaksiat ajak taubat sebelum mati. "Di masjid bimbing para mualaf," pungkasnya.
 
 
Kontributor: Rof Maulana
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG