Ma’arif dan LAZISNU Sidoarjo Siapkan Gerakan Koin Muktamar 

Rapat koordinasi menyiapkan Gerakan Koin Muktamar NU di Sidoarjo. (Foto: NU Online/Yuli Riyanto)
Rapat koordinasi menyiapkan Gerakan Koin Muktamar NU di Sidoarjo. (Foto: NU Online/Yuli Riyanto)
Rapat koordinasi menyiapkan Gerakan Koin Muktamar NU di Sidoarjo. (Foto: NU Online/Yuli Riyanto)
Sidoarjo, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Nahdlatul Ulama dan NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infak, Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Sidoarjo bergerak cepat menyambut ‘Gerakan Koin Muktamar’.
 
Instruksi gerakan di LP Ma’arif NU se-Jawa Timur oleh Pengurus Wilayah (PW) NU Care- LAZISNU Jawa Timur dituangkan dalam surat insruksi Nomor :113/C-INS/LAZISNU-JATIM/XI/2019.  Program ini bertujuan menggalang dana  untuk pelaksanaan Muktamar ke-34 NU yang akan digelar tahun 2020. 
 
Rapat koordinasi dilaksanakan di kantor PC LP Ma’arif NU, jalan Monginsidi Kav DPRD CIII/I Sidoklumpuk Sidoarjo untuk membahas persiapan teknis. Acara dibuka oleh Asy’ari selaku Sekretaris PC LP Ma’arif NU dan dipimpin langsung oleh H Misbahudin, Ketua PC LP Ma’arif NU Sidoarjo.
 
H Misbahudin menyampaikan bahwa Gerakan Koin Muktamar NU ini sebagai wujud kemandirian umat. Dirinya berharap hasil perolehan gerakan koin yang akan digelar di seluruh sekolah dibawah naungan Lembaga Ma’arif NU Sidoarjo bisa maksimal.
 
”Disamping ini adalah untuk kemandirian jamiyah, kemandirian organisasi, paling tidak Sidoarjo hasilnya manusiawi dan tidak memalukan,” kata H Misbah, Jumat (29/11) 
 
Ketua PC LP Ma’arif NU Sidoarjo ini juga memperkirakan hasil perolehan Gerakan Koin Mandiri ini bisa tembus Rp.200.000.000,- berkaca dari pengalaman penggalangan donasi bencana untuk Lombok dan Palu. 
Dirinya juga menyerahkan teknis pelaksaanan ini kepada NU Care-LAZISNU Sidoarjo. 
 
“Nanti akan dijelaskan oleh NU Care-LAZISNU Sidoarjo detil pelaksanaan teknisnya,” ujarnya.
 
Muh Ihsan, Ketua NU Care-LAZISNU Sidoarjo mengemukakan perihal teknis pelaksanaan gerakan ini. 
 
“Untuk teknisnya, saya rasa kalau di Sidoarjo, kita membawa kotak keliling dari sekolah satu ke sekolah yang lainnya,” ucapnya. 
 
Pengalaman kegiatan penggalangan dana butuh tenaga banyak saat di lapangan. 
 
”Untuk tahun ini, saya mohon izin untuk kirab kotak dikoordinir melalui Kortan yang ada di setiap kecamatan, kemudian turun ke sekolah serta ada surat imbauan kepada siswa untuk bersedekah mendukung gerakan koin muktamar ini,” jelasnya. 
 
Kepala NU Online Dodi Dyauddin sebagai Manajer Operasional Pengurus Wilayah (PW) NU Care-LAZISNU Jawa Timur yang juga turut hadir menjelaskan inti dari kegiatan gerakan koin adalah untuk menyukseskan Muktamar NU tahun 2020 dengan ikut berkontribusi. Hal tersebut dibuktikan dengan donas hasil penggalangan Gerakan Koin Muktamar di seluruh sekolah yang berada di bawah naungan LP Ma’arif NU Sidoarjo. 
 
“Disamping itu juga untuk kemandirian jamiyah dan jamaahnya, agar lebih bermartabat dan berdaulat sehingga meminimalisir pihak-pihak yang berkepentingan tidak ikut campur dalam internal NU,” tegas Dodi. 
 
Kesepakatan bersama hasil rapat koordinasi akan dilaksanakan  kirab kotak koin muktamar dari satu sekolah ke sekolah lainnya secara serentak dengan melalui penjadwalan. 
 
“Tadi sudah disepakati bahwa Gerakan Koin Muktamar ini akan berjalan mulai awal hingga pertengahan bulan Desember 2019,” pungkasnya. 
 
Rapat koordinasi dihadiri Manajer Operasional PW NU Care- LAZISNU Jatim, Ketua dan pengurus PC LP Ma’arif NU, Ketua NU Care-LAZISNU Sidoarjo, Ketua MWC LP Ma’arif NU se-Kabupaten Sidoarjo. Juga ketua dan sekretaris MKKS SMP-SMK-SMA Kabupaten Sidoarjo, serta ketua dan sekretaris KKMM MTs-MA Kabupaten Sidoarjo. 
 
 
Pewarta: Yuli Riyanto
Editor: Ibnu Nawawi
BNI Mobile