Perkuat Ukhuwah Model Pengurus Ranting di Kawasan Batu 

Perkuat Ukhuwah Model Pengurus Ranting di Kawasan Batu 
Ikhtiar sejumlah anak muda NU di kawasan batu Jawa Timur dalam menyapa rekan sebaya. (Foto: NU Online/Bellgis Avrianzah)
Ikhtiar sejumlah anak muda NU di kawasan batu Jawa Timur dalam menyapa rekan sebaya. (Foto: NU Online/Bellgis Avrianzah)
Batu, NU Online
Silaturahim adalah salah satu kebiasaan umat Muslim untuk saling mengunjungi satu sama lain. Tujuannya adalah mempererat persaudaraan dan juga menghilangkan kesalahpahaman antarmanusia.
 
Begitupula yang diniatkan oleh Ketua Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Sumberjo, Kota Batu, Jawa Timur, R Faris Rurilhamdi.
 
Dirinya bekerja sama dengan anggota lain menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW pada Jumat (29/11) di Masjid Jami Nurul Huda, Sumberjo.
 
Menurutnya, acara ini sudah ada sejak dulu dan turun temurun. Sehingga kegiatan yang dilakukan saat ini sebagai sarana melanjutkan tradisi baik para leluhur.
 
"Sebenarnya ini acara tahunan. Kumpul-kumpul bersama di sini dengan teman-teman lain dan membaca istighotsah," kata pria yang biasa dipanggil Jojon ini.
 
Selama kegiatan yang juga mengundang mengundang utusan dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU dan IPPNU Kecamatan Batu tersebut diisi dengan pembacaan istighotsah dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. 
 
"Tadi juga melibatkan rekan dan rekanita dari PAC Batu. Biar kita lebih paham, apa sih IPNU dan IPPNU itu. Tujuannya ya lebih mengenalkan dan lebih mendalami agar teman-teman di sini semakin  paham," tuturnya.
 
Jojon berpendapat bahwa kondisi masyarakat juga mempengaruhi pola pikir anak muda di sana.
 
"Karena kondisi masyarakat yang mungkin kurang sadar tentang NU juga pengaruh ke sini. Jadi kita berkumpul juga jarang. Hal ini juga menjadi salah satu bentuk perjuangan," ujarnya.
 
Kendati demikian, dirinya bersyukur lantaran sejumlah anggota dan pengurus bisa kompak dengan mudah diajak komunikasi.
 
"Tapi menariknya di sini teman-teman bisa kompak. Meskipun jarang bertemu, namun mereka tanggap. Ketika saya bilang mau mengadakan acara maulidan, mereka langsung bergerak. Ya hasilnya alhamdulillah," katanya dengan diiringi tawa lepas.
 
Dirinya berharap ke depan akan semakin banyak kegiatan yang juga sebagai sarana silaturahim dan koordinasi. 
 
"Agar bisa sering kumpul-kumpul juga. Kan sayang, anak mudanya banyak tapi mau rebahan terus. Padahal kan kita makhluk sosial. Mending kumpul IPNU dan IPPNU," pungkasnya. 
 
 
Kontributor: Bellgis Avrianzah
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile