IMG-LOGO
Nasional

‘Sedekah Sedino Sewu’, Ikhtiar LAZISNU Layani Kesehatan Warga


Ahad 1 Desember 2019 08:00 WIB
Bagikan:
‘Sedekah Sedino Sewu’, Ikhtiar LAZISNU Layani Kesehatan Warga
Lewat sedekah sedino sewu, banyak warga desa di Gresik yang memperoleh layanan kesehatan. (Foto: NU Online/M Jauhari Utomo)
Gresik, NU Online
Cara berbeda dilakukan Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) di kawasan Gresik, Jawa Timur dalam membantu warga. Lewat S3 (Sedekah Sedino Sewu) atau sehari bersedekah seribu rupiah, mampu memberikan layanan kesehatan bagi nahdliyin.
 
Hal itulah yang dilakukan Pengurus Cabang (PC) LAZISNU Gresik. Pada Kamis (28/11) lalu, digelar layanan kesehatan bagi warga di Desa Klagen, Kecamatan Wringinanom. Ratusan warga lanjut usia atau lansia mendapat pengobatan gratis. Kegiatan ini sebagai upaya menyalurkan donasi program S3 yang telah menjadi program Pengurus Pusat LAZISNU untuk sejumlah daerah.
 
Suntoro (64) warga Dusun Recoh, Desa Kepuh Klagen mengaku senang  adanya kegiatan pengobatan gratis itu. 
 
“Senang dapat  memeriksakan kesehatan dan dapat obat gratis,” kata Suntoro kepada NU Online.
 
Ketua Ranting NU Desa Kepuh Klagen, Seger Santoso menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan sebagai tindak lanjut himbauan dari PC LAZISNU Gresik yang mengintruksikan hasil kegiatan program S3 agar disalurkan di bidang kesehatan masyarakat.
 
Pengobatan gratis ini sendiri katanya,  diikuti oleh 140 warga di dua dusun yakni Dusun Klagen dan Recoh.
 
“Kami menyampaikan terima kasih atas program yang telah dilakukan LAZISNU di desa kami, insyaallah program ini banyak bermanfaat bagi warga terutama lansia,” katanya.
 
Dirinya berharap, ke depan hasil program S3 bisa semakin berkembang, sehingga dapat digunakan kegiatan bidang lainnya. Di antaranya di bidang pendidikan.
 
“Semoga apa yang PC LAZISNU Gresik berikan kepada Rengurus Ranting NU Kepuh Klagen ini bermanfaat khususnya bagi warga NU,” harapnya.
 
Ketua PC LAZISNU Gresik, H Mushoffa Azis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak termasuk Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) dan Pengurus Ranting LAZISNU yang telah menggerakkan program S3. Dia berharap dengan pengobatan gratis ini warga NU semakin sehat. 
 
"Karena kesehatan itu sangat penting,” ujarnya.
 
Abah Shoffa, sapaan akrabnya juga menjelaskan kegiatan merupakan amanat dari program  PC LAZISNU Gresik yang meliputi empat pilar di antaranya bidang sosial, kesehatan, pendidikan dan ekonomi.
 
Selain pengobatan gratis, LAZISNU juga memberikan santunan kepada warga fakir miskin yang ada di daerah tersebut. Kebanyakan yang menerima santunan adalah para lansia karena memang kemampuan fisik mereka sangat terbatas.
 
Sementara itu, salah seorang relawan S3, Titik Utami menyatakan bahwa program di desanya mendapat antusiasme dari warga khususnya ibu-ibu. Dari hasil selama kurang dari satu tahun sudah terkumpul donasi hingga ratusan juta rupiah. 
 
“Semoga ke depanya program ini memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat,” kata Titik.
 
Perlu diketahui,  S3 merupakan program yang digalakkan oleh PC LAZISNU Kabupaten Gresik. Melalui Pengurus Ranting NU di tingkat desa, warga digerakkan untuk gemar bersedekah setiap hari dengan diberi celengan dari kaleng. Kemudian setiap pekan, celengan itu diambil oleh relawan Srikandi untuk dikumpulkan. 
 
 
Kontributor: M Jauhari Utomo
Editor: Ibnu Nawawi
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG