IMG-LOGO
Nasional

HPN Bakal Bentuk Startup Halal dengan Pengusaha Muslim India


Senin 2 Desember 2019 14:38 WIB
Bagikan:
HPN Bakal Bentuk Startup Halal dengan Pengusaha Muslim India
Ketua Umum HPN Abdul Kholik di Jakarta, Senin (2/12). (Foto: NU Online/Syakir NF)
Jakarta, NU Online
Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) sudah menjalin kerja sama dengan All India Muslims Business Startup Network (AIMBSN). Tahun depan, kedua organisasi ini akan membuat program Startup Halal.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum HPN Abdul Kholik saat Rapat Konsolidasi DPP Pembahasan Evaluasi Akhir Tahun dan Rencana Kerja Tahun 2020 di Kinanti Building, Jalan Epicentrum Tengah, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (2/12).

Kerja sama itu, terangnya, diteken saat ia bertemu Tausif Malik mewakili AIMBSN di Indonesia pada pertengahan November 2019 lalu.

Kholik menjelaskan bahwa program tersebut akan diberi nama IHSAN. "Kita bersepakat ingin membentuk asosiasi IHSAN, Indonesia Halal Startup Angel Network," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa banyak pengusaha Muslim luar yang ingin masuk ke Indonesia, baik investasi, ekspor, ataupun membutuhkan barang dari Indonesia.

"Banyak pengusaha Muslim pengen masuk ke Indonesia atau butuh barang Indonesia atau mengekspor barang, trading atau invesment," katanya.

Selain itu, kerjasama juga akan dilakukan dengan membentuk pusat inkubasi bisnis yang bisa saling berbagi pengetahuan bisnis. Ia menjelaskan bahwa sekolah Muslim di India yang memiliki ide bisnis bisa berbagi dengan AIMBSN.

Jika ide yang ditawarkan itu bagus dan diterima, katanya, bisa ditindaklanjuti untuk ditawarkan ke para pemodal. "Kalau bagus, maka akan ditawarkan ke jaringannya untuk dijadikan angel investor," katanya.

Kholik juga menyampaikan kemajuan HPN sampai saat ini yang sudah mencapai 80 persen grup targetnya dengan hadirnya 22 pengurus wilayah. Namun demikian, ia meminta agar seluruh pengurus dapat lebih menaruh perhatian pada wilayah-wilayah di luar Jawa agar dapat lebih meningkat lagi perkembangannya.

Tak hanya itu, ia mengingatkan agar menjalankan roda organisasi HPN sebagai bagian dari pengerjaan bisnis juga sehingga melaksanakannya dengan sepenuh hati. "Menjalankan program HPN sama dengan menjalankan bisnis," katanya.

Pewarta: Syakir NF
Editor: Fathoni Ahmad
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG