IMG-LOGO
Daerah

Pesan Persaudaraan Gus Muwafiq di Tabanan


Sabtu 7 Desember 2019 10:30 WIB
Bagikan:
Pesan Persaudaraan Gus Muwafiq di Tabanan
Gus Muwafiq mengisi pengajian Maulid Nabi di Yayasan Nurul Falah Tabanan, Bali, Kamis (5/12) (Foto: Irfandi)
Tabanan, NU Online
Penceramah kondang, KH Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq) mengatakan untuk terus mewujudkan Bali yang harmoni, diperlukan kerja sama bebagai pihak. 
 
Mengisi pengajian Maulid Nabi di Yayasan Nurul Falah Tabanan, Kamis (5/12), Gus Muwafiq mengutip ayat, Wa ja'alnākum syu'ụbaw wa qabā`ila lita'ārafụ. Allah menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal.
 
"Dalam artian Islam itu ada ajaran untuk melihat satu titik pertemuan. Manusia pertama, Nabi Adam dan Siti Hawa bertemu di Jabal Rahmah. Agar manusia selalu ingat bahwa dulunya manusia satu, karena faktanya manusia adaah bersaudara. Maka dengan itu bangunlah persaudaraan antarumat manusia sehingga terjalin kerukunan," kata Gus Muwafiq
 
Ia juga menyampaikan tentang perbedaan, bahwa perbedaan itu memang sejak dulunya telah ada, sebab itu tidak perlu dipersoalkan.
 
"Karena Islam mengajarkan lakum dinukum waliyadin, agamaku agamaku, agamamu agamamu. Yang jelas kita agama boleh memilih namun terlahir hidup di Indonesia kita tidak bisa memilih. Makanya rukun itu menjadi penting," ungkapnya.
 
Ketua Yayasan Sugeng Fauzi menyampaikan tujuan diadakannya pengajian umum adalah dalam rangka penggalian dana pembangunan Mushala Nurul Falah Attabani berbasis budaya Bali. Sebelumnya telah dilakukan peletakan batu pertama oleh Wakill Bupati Tabanan Sajaya pada Selasa (3/12).
 
Turut hadir pada acara perwakilan Maulid Gubernur Bali, DPR RI Bali, Perwakilan Bupati dan Wabup Kapoles, berserta tokoh-tokoh Muslim dan tokoh listas agama Kabaupaten Tabanan.
 
Pada hari sebelumnya telah dilaksanakan beberapa perlombaaan tingkat provinsi, mulai dari lomba busana Muslim, rebana, kaligrafi, dan lainnya.

 
Kontributor: Irfandi
Editor: Kendi Setiawan
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG