Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Peringatan Maulid Nabi, Syiar Islam di Pedalaman Kie 

Peringatan Maulid Nabi, Syiar Islam di Pedalaman Kie 
Maulid Nabi Muhammad Saw, Sabtu (30/11) di Masjid Babul Amin Falas, Kecamatan Kie, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kupang. (Foto: Ajhar Jowe)
Maulid Nabi Muhammad Saw, Sabtu (30/11) di Masjid Babul Amin Falas, Kecamatan Kie, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kupang. (Foto: Ajhar Jowe)
Timor Tengah Selatan, NU Online
Maulid Nabi Muhammad Saw membawa kegembiraan bagi umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Timor Tengah Selatan, Kupang, Sabtu (30/11).
 
Peringatan Maulid Nabi bertempat di Masjid Babul Amin Falas, Kecamatan Kie, Kabupaten Timor Tengah Selatan melengkapi Maulid yang diselenggarakan rutin sejak tahun 2018. Pelaksanaan Maulid bergilir ke masjid-masjid yang ada di wilayah Kecamatan Kie yang terletak di beberapa tempat yakni, Oenai, Falas, Tulun, Belle, Oenlasi, dan Oeleu.
 
Medan antara satu masjid dan mushala ini terbilang cukup sulit. Meski demikian dakwah di pedalaman masih tetap dijalankan oleh para dai tanpa mengenal lelah. 
 
Acara dimulai dengan pembacaan syirah Nabi oleh Majelis Shalawat Liwanul Mustofa Kupang dan Cahaya Islam Kupang pada pukul 09.30 WIT sambil menunggu rombongan penceramah hadir. Ketika tiba, rombongan disambut secara adat oleh tua-tua adat di Desa Falas dengan notoni dan mengalungkan kain tenun. 

Hadir sebagai penceramah, Ustadz Abdul Haris dari Kota Kupang. Kehadirannya beserta para habaib dan rombongan membawa warna tersendiri di Desa Falas. Ustadz Haris menyampaikan ceramah mengenai kehidupan Rosulullah Saw dengan bahasa yang sederhana dan komunikatif. Seperti oase di tengah terik, ceramahnya sanggup menghadirkan motivasi jamaah yang hadir untuk mengenal, mencintai dan meneladani Rasulullah.
 
"Sepulangnya dari tempat ini bawa Rasulullah ke rumah masing-masing. Hidupkanlah sunah-sunahnya di dalam rumah," ungkap Ustadz Haris di akhir ceramah. Ia mengajak semua jamaah untuk mencintai Nabi dengan memperbanyak shalawat kepada Nabi. 

Hadir pula Kapolres Timor Tengah Selatan, AKBP Ariasandy. Ketika diberi kesempatan memberi sambutan, ia mengungkapkan kegembiraan yang mendalam karena dapat memenuhi undangan ke Masjid Babul Amin Falas.
 
"Rasa cinta terhadap Rosulullah yang membawa saya ke sini. Selain itu, saya juga orang baru di TTS," tuturnya.
 
Selain mengungkap kegembiraan, AKBP Ariasandi pun meminta doa untuk Polres TTS agar amanah dalam menjalankan tugas.
 
Selain rombongan Kapolres TTS,  hadir pula rombongan dari Dewan Masjid Indonesia (DMI)  Provinsi NTT, Pesantren Almuhajirin Atambua, Kapolsek Kie, Basnas dan majelis taalim di wilayah TTS.
 
Acara Maulid juga dimeriahkan oleh penampilan kasidah dari Majelis Taklim Nurul Basar Sillu, Remaja Masjid Babul Amin Falas, dan TPA Babul Amin Falas. 

Menurut ketua MUI Kecamatan Kie, H Kamaludin Nubatonis, kegiatan Maulid pada tahun 2020, akan dilaksanakan di Mushala Oeleu. Ia berharap syiar Islam di pelosok Amanuban tetap membawa kesejukan dan rahmat bagi sekalian alam. 
 
Kontributor: Ajhar Jowe
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile